Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-10-2017
  • 483 Kali

Seni Dan Budaya Pendukung Mensukseskan Kunjungan Wisata Sumenep 2018

Media Center, Jum’at ( 27/10 ) Ribuan Masyarakat Sumenep memadati rute Parade  Musik Tong-tong se Madura dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 748 tahun 2017.

Dengan antusias mereka menyaksikan alunan Musik Tong-tong yang merupakan paduan dari suara kentungan dengan berbagai suara alat musik lain seperti gamelan, rebana bahkan terompet.

Alunan melodi mengiring lagu daerah Madura sehingga tercipta sebuah seni pertunjukan yang cukup menghibur mulai dari start hingga garis finish.

Acara dihadiri oleh forkopimda dan Sekjen Forum Silaturrahmi Keraton Nusantara dan dilepas langsung oleh Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si.

Bupati mengatakan, pihaknya sangat bangga dengan penampilan kelompok musik di parade tahun ini, karena setiap kelompok Musik Tong-tong lebih kreatif dalam meramu instrumen musik yang akan ditampilkan.

“Musik Tong-tong tahun ini lebih kreatif dengan memadukan berbagai alat musik tradisional dengan modern, seperti terompet dan rebana (hadrah). Inilah karya dari para seniman musik Madura yang tetap berkreatifitas dan berinovasi.” kata Bupati usai membuka parade Musik Tong-tong di Gor A. Yani Pangligur Sumenep, Jum’at (27/10) malam.

Bupati berharap, seniman dan budayawan Sumenep terus berkesenian untuk menciptakan ide kreatifitasnya yang dapat mendukung Kunjungan Wisata Sumenep 2018, karena kunjungan wisata tanpa ada penampilan seni dan budaya sulit terwujud.

“Saya yakin kunjungan wisata ke Sumenep pasti sedikit manakala tidak ada dukungan seniman dan budayawan untuk menampilkan hiburan seni tradisonal dan kontemporer kepada wisatawan” tegas Bupati

Karena itulah pihaknya berharap, peran serta seniman dan budayawan Sumenep untuk bersama-sama mensukseskan kunjungan wisata sumenep 2018.

Bupati menegaskan, beberapa hari terakhir kunjungan wisatawan ke Sumenep mulai meningkat, buktinya saat parade Musik Tong-tong malam ini (jumat malam), hunian sejumlah penginapan di Sumenep meningkat, bahkan beberapa penginapan telah dipesan jauh hari sebelumnya.

“Ini suatu awal yang luar biasa, berdasarkan laporan sejumlah hunian hotel di Sumenep cukup meningkat,  yang merupakan imbas pelaksanaan beberapa event Hari Jadi Kabupaten Sumenep, termasuk kegiatan pada hari Minggu pekan ini yaitu prosesi Arya Wiraraja dan pagelaran Tari Topeng” imbuhnya.

Bupati berharap, masyarakat Sumenep untuk mendukung program Pemerintah Daerah termasuk Kunjungan Wisata Sumenep 2018, karena pemerintah daerah tidak bisa melaksanakn sendiri program-programnya.

“Butuh kerja sama seluruh elemen masyarakat dengan Pemerintah Daerah untuk mensukseskan program pembangunan yang diantaranya adalah program Kunjungan Wisata Sumenep 2018, yang tujuan akhirnya adalah untuk mensejahterakan masyarakat.” pungkasnya. ( Yasik, Gun )