Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 23-08-2017
  • 239 Kali

Serapan APBD Sumenep 2017 Baru Mencapai 40 Persen

Media Center, Rabu ( 23/08 ) Selama Januari hingga pertengahan Agustus 2017, serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tahun 2017 baru mrncapai 40 persen.

"Kekuatan APBD Sumenep tahun ini sebesar Rp 2,2 trilyun. Tapi realisasi selama 7 bulan, baru sekitar 40 persen,"kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sumenep, Drs. Ec. H. Didik Untung Samsidi, MM, Rabu (23/08).

Ia menuturkan, salah satu penyebab minimnya serapan APBD tahun ini, utamanya di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menggarap pembangunan fisik, seperti di Dinas Pekerjaan Umum. Karena banyak rekanan yang belum mengajukan termijn, padahal saat ini sudah masuk triwulan ke empat.

“Seharusnya ada peringatan dari OPD pada para rekanan, agar rekanan mengajukan termijn sesuai waktunya. Bukan ditumpuk pada triwulan ke empat,”tuturnya.

Menurut H. Didik, semestinya realisasi APBD 2017 hingga triwulan ketiga ini, telah mencapai 60 persen dari kekuatan APBD. Namun ternyata masih baru 40 persen.

“Kami meminta, agar pimpinan OPD mendorong pihak ketiga dalam merealisasikan anggaran sesuai jadwal,”pintanya. ( Nita, Esha )