Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 19-11-2019
  • 317 Kali

Sukses Bangun Kabupaten Sehat, Raih Penghargaan Swasti Saba 2019

Media Center, Selasa ( 19/11 ) Keseriusan Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam membangun Kabupaten yang sehat, nyaman, dan bersih, akhirnya membuahkan hasil, karena pada tahun ini, Kabupaten Sumenep mencatatkan prestasi di tingkat nasional, dengan meraih penghargaan Swasti Saba Padapa tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Penghargaan sebagai Kabupaten/Kota sehat diterima langsung Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH, di ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Wakil Bupati mengatakan, raihan prestasi sebagai Kabupaten Sehat merupakan hasil kerja keras dan kerja sama, Pemerintah Daerah dengan masyarakat dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sumenep yang sehat.

“Alhamdulillah, komitmen bersama Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk menjadikan Kabupaten Sehat benar-benar bisa terwujud tahun ini, sehingga kerja keras itu membuahkan hasil yang membanggakan,’’ kata Wabup seusai menerima penghargaan di Jakarta.

Ia mengajak, jajaran Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat mempertahankan Kabupaten Sehat, bahkan terus mengembangkan lingkungan yang sehat, nyaman dan bersih, sebagai upaya meningkatkan tatanan kesehatan yang lebih luas, agar mendapat penghargaan di tingkatan lebih tinggi di masa mendatang.

“Keberhasilan raihan penghargaan itu, harus menjadi penyemangat dalam memperluas cakupan tatanan Kabupaten Sehat pada tahun-tahun selanjutnya,’’ imbuh Achmad Fauzi.

Sekedar diketahui, penghargaan Swasti Saba itu terdiri dari tiga katagori, yakni katagori Padapa diberikan kepada Kabupaten/Kota Sehat kualifikasi pemantapan, katagori Wiwerda kepada Kabupaten/Kota Sehat yang memenuhi kualifikasi pembinaan dan katagori Wistara diberikan kepada Kabupaten/Kota Sehat yang dinilai memenuhi syarat pengembangan.

Achmad Fauzi mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada semua pihak dan masyarakat yang telah menyelenggarakan penerapan beberapa tatanan kegiatan terintegrasi antara pemerintah daerah dan masyarakat, sehingga mampu merebut penghargaan Kabupaten Sehat.

“Terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari semua pihak yang mendukung Pemerintah Daerah meraih penghargaan sebagai Kabupaten Sehat dengan katagori Swasti Saba Padapa tahun ini,” pungkasnya.

Wakil Bupati menerima penghargaan itu didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep Agus Mulyono, M.CH dan dari Bapedda Sumenep, serta Ketua Forum Sumenep Sehat (FSS), Tadjul Arifin. R. ( Yasik, Esha )