Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-09-2020
  • 403 Kali

Sukseskan Pilkada Di Wabah Covid-19, Pemkab Sumenep Gelar Rakor

Media Center, Jumat ( 25/09 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar Rapat Koordinasi penegakan hukum dan menyamakan kesepakatan agar menerapkan protokol kesehatan pada setiap aktivitas tahapan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020.

“Rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut Surat Direktorat Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri perihal tindak lanjut hasil rapat koordinasi disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020,” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si pada Rapat Koordinasi di Kantor Bupati, Jumat (25/09/2020).

Penegakan hukum pelanggaran protokol kesehatan pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020, sesuai peraturan kepala daerah turunan dari Instruksi Presiden Nomor 06 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Kesepakatan itu tertuangkan dalam bentuk pakta integritas yang ditandatangani oleh pasangan calon kepala daerah sesuai penetapan Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Sumenep,” jelas Bupati dua periode ini.

Untuk itulah, Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sumenep mematuhi semua peraturan termasuk PKPU Nomor 13 Tahun 2020, sehingga saat melakukan kampaye tidak mengundang atau menghadirkan masyarakat melebihi ketentuan.

“Sesuai PKPU ini dalam metode kampaye telah ada batasan jumlah pesertanya seperti pertemuan tatap muka sebanyak 50 orang dan rapat umum atau kampaye akbar peserta sebanyak 100 orang,” imbuh Bupati.

Dalam Rakor juga dilakukan pembacaan pakta integritas oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati, serta penandatanganan sebagai wujud komitmen mematuhi protokol kesehatan, pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Pembacaan dan penandatanganan pakta integritas dilakukan oleh masing-masing Calon Wakil Bupati (Cawabup) yakni Dewi Khalifah dan Ali Fikri. 

Bupati berharap, tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahun 2020 di Kabupaten Sumenep bisa berlangsung tertib, lancar, aman, damai dan berkualitas.

“Mudah-mudahan, seluruh masyarakat Sumenep selalu sehat dan wabah Virus Corona atau Covid-19 segera berakhir,” pungkas Bupati. ( Yasik, Fer )