fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
image

Sulap Ratusan Hektar Lahan Pertanian Tandus Menjadi Produktif

  • 2020-01-15
  • infokom
  • 498 Kali

Media Center, Rabu ( 15/01 ) Anggota DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Badrul Aini, menyulap ratusan hektar lahan pertanian di Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, dari lahan tandus menjadi lahan produktif.

Bersama sejumlah warga Arjasa, Badrul melakukan terobosan baru untuk memfungsikan kembali sebagai lahan pertanian produktif, dengan membajak memakai alat modern.

"Kita upayakan lahan tandus ini menjadi lahan pertanian produktif. Lahan ini dibajak dengan alat modern, seperti handtraktor dan ditaburi humus atau pupuk kandang untuk mengembalikan kesuburan tanahnya," tutur Badrul, Anggota DPRD Sumenep asal Arjasa, Pulau Kangean.

Ia menuturkan, langkah yang dilakukannya ini guna membantu program pemerintah di bidang swasembada pangan. Karena dengan lahan yang dibiarkan tandus menyebabkan produksi beras berkurang setiap tahun.

"Dengan merubah lahan pertanian tandus menjadi produktif, diharapkan mampu membantu meningkatkan hasil produksi padi di Kabupaten Sumenep," ujar Anggota DPRD tiga periode itu.

Badrul menduga, ratusan hektar lahan pertanian tandus itu terjadi, salah satunya akibat terkena ROB saat air laut pasang.

Selain itu, karena ditinggal pemilik lahan untuk merantau ke luar negeri, semisal ke Malaysia. Sehingga lahan produktif menjadi tandus, akibat lamanya tidak terawat.

"Tanah yang tandus itu, tersebar di berbagai desa, di antaranya Desa Torjek, Batuputih, Sawah Sumur, Gelaman, Kolo-kolo, Tambang Buddi dan sejumlah desa lainnya," paparnya, Rabu (15/01/2020). 

Badrul mengungkapkan, apabila pembajakan sudah selesai, maka akan ditanami padi dan Melon Kangean. Harapannya bisa membantu pemerintah untuk menggalakkan program swasembada pangan.

"Apalagi di pulau sering kehabisan stock pangan, utamanya saat cuaca buruk. Karena pengiriman tersendat. Makanya kami melakukan pemanfaatan kembali tanah mati ini, sehingga nanti hasilnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat ke depan," tegas pria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumenep. ( Nita, Fer )

image

Poktan Rahayu Batang-Batang Laok Terima Bantuan Hibah 13 Ekor Sapi

Kategori : Pertanian

Media Center, Kamis ( 16/07 ) Kelompok Tani (Poktan) Rahayu Desa Batang-batang Laok, Kecamatan Batang-batang menerima bantuan hibah berupa sapi

image

Babinsa Koramil Gapura Laksanakan Pendampingan Poktan

Kategori : Pertanian

Media Center, Rabu ( 15/07 ) Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0827/16 Gapura, Sertu Rasul melaksanakan giat pendampingan kepada Kelompok

image

Dispertan Jatim Tinjau Langsung Dryer Dan Tempat Penggilingan Padi

Kategori : Pertanian

Media Center, Jum’at ( 19/06 ) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur menggelar Kunjungan Kerja (Kunker), dengan meninjau