Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-01-2019
  • 406 Kali

Taskiya, M.Pd: Berkat INOVASI, Semangat Mengajar Di Kelas Muncul

Media Center, Jumat ( 18/01 ) Inovasi Untuk Indonesia (INOVASI) yang program kemitraan Australia-Indonesia telah banyak memberikan perubahan pada pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran di sekolah, khususnya pada kelas awal mulai dari kelas 1 hingga kelas 3.

Hal tersebut dirasakan oleh salah seorang guru di SDN Pangarangan I, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Taskiya, M.Pd, selama mengikuti pelatihan INOVASI, semangat baru sebagai guru yang harus melakukan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.

“Ternyata, selama ini yang kami lakukan salah dan ternyata dengan pola INOVASI ini benar memberikan gairah belajar dan mengajar, baik dari guru maupun dari siswa,” ungkap Taskiya di sela-sela mengajar siswa kelas 1 di SDN Pangaran I, Jumat (18/01/2019).

Bahkan Taskiya mengakui, melalui kegiatan INOVASI, membuat guru inovatif dan siswa senang. Karena, siswa akan mudah mengingat sesuatu yang mereka senang melihatnya, yakni dengan benda-benda unik dan menarik, sehingga dengan sendirinya anak-anak akan mudah mengingat huruf maupun angka hingga bisa membaca dengan baik.

Taskiya dengan jujur mengaku sempat stres saat baru mengajar siswa kelas 1, bahkan berbagai metode yang dilakukan, baik yang didapat dari berbagai buku pegangan guru, mencari di website hingga hasil diskusi sesama guru kelas 1 di sekolahnya, maupun guru sekolah lain, hasilnya belum memuaskan. Dan hingga hampir kenaikan kelas, masih ada siswa yang belum bisa membaca.

“Syukurlah, ketika mengikuti workshop dan beberapa pertemuan INOVASI, kami bersama guru-guru yang lain bisa berinovasi dan selalu memiliki ide untuk menghidupkan suasana kelas yang menyenangkan,” tandasnya.

Program INOVASI telah membuatnya banyak ide kreatif, sesuai tujuan INOVASI untuk memperkuat kualitas pengajaran dan pembelajaran, khususnya dalam literasi dan numerasi.

Hingga akhirnya, Taskiya juga mampu mewakili Sumenep menampilkan inovasi yang sudah dilakukannya di hadapan Michelle Lowe, Konselor Bidang Pembangunan Manusia Kedutaan Besar Australia di Jakarta, dan Direktur Program INOVASI, Mark Heyward serta Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, SH, M.Hum pada Penyerahan kesepakatan bersama dan sarasehan bersama Gubernur Jawa Timur dan 5 Kepala Daerah Mitra INOVASI termasuk Kabupaten Sumenep, di Surabaya awal Januari lalu. ( Ren, Esha )