Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 19-09-2018
  • 335 Kali

Tekan Kebocoran, Disperindag Terapkan e-Retribusi Pasar

Media Center, Rabu ( 19/09 ) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumenep menerapkan elektronik retribusi pasar (e-retribusi pasar) dalam rangka mengantisipasi kebocoran retribusi pasar, serta transparansi pengelolaan pendapatan daerah.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Disperindag Kabupaten Sumenep, Saiful Bahri, Rabu (19/09).

Menurutnya, pelaksanaan e-retribusi pasar tersebut sebagai salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam meningkatkan transparansi pengelolaan pendapatan daerah.

“Kami menerapkan sistem pembayaran retribusi berbasis elektronik sebagai salah satu langkah menyukseskan program Pemerintah Pusat dalam menggalakkan gerakan pembayaran non tunai,”ungkapnya.

Menurutnya, dengan e-retribusi pasar tersebut tentunya akan lebih meningkatkan rasa saling percaya antara masyarakat dan pemerintah. Masyarakat akan lebih percaya, karena uang retribusi langsung masuk ke sistem, tidak dibayarkan kepada orang per-orang.

Dijelaskan Saiful, jika sebelumnya pedagang banyak yang khawatir dananya bocor, karena melakukan pembayaran kepada pihak lain, maka dengan diberlakukan e-retribusi, masyarakat tidak perlu khawatir lagi, karena uang mereka langsung terpantau real time ke sistem.

“Uang itu langsung masuk ke sistem, jadi e-retribusi pasar ini benar-benar real time dan saat ini masih di 6 pasar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Sumenep, Purnomo Subagio menyatakan tidak akan main-main dan komitmen dengan penerapan e-retribusi, agar sesuai dengan tarif di lapangan, serta berharap kesadaran pedagang meningkat dan petugas pasar tidak bermain untuk pembangunan Sumenep.

Menurut Kepala UPTD Pasar yang membawa 30 Pasar di Kabupaten Sumenep ini menyebutkan, e-retribusi pasar saat ini masih diterapkan di 4 pasar tradisional yaitu, Pasar Anom Baru, Rubaru, Lenteng, dan Pragaan dengan menggandeng Bank Jatim sebagai pengelola keuangannya.

“Dengan inovasi e-retribusi pasar ini, masyarakat tentunya juga senang dan kami tidak bermain-main dengan penerapannya, karena ini transparan dan bagus untuk pengelolaan retribusi,”pungkasnya. ( Ren, Esha )