Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 05-10-2017
  • 605 Kali

Tiang Listrik Desa Matanair Roboh, 4 Kecamatan Gelap Gulita

Media Center, Kamis ( 05/10 ) Sebanyak 5 tiang listrik di Desa Matanair, Kecamatan Rubaru, Sumenep, Madura, Jawa Timur, roboh setelah tertimpa pohon kelapa. Akibatnya, penerangan listrik di 4 Kecamatan terancam mengalami pemadaman.

"Ada 4 Kecamatan yang saat ini akan dilakukan pemadaman total, yaitu Kecamatan Rubaru, Ambunten, Pasongsongan, dan sebagian pelanggan listrik di Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan,"kata Koordinator Pelayanan Teknik Rayon Ambunten, Supardi, Kamis (05/10).

Menurutnya, pemotongan pohon kelapa yang menyebabkan robohnya tiang listrik oleh warga dipastikan tanpa pemberitahuan kepada petugas PLN.

"Saat ini pekerjaan perbaikan terus dilakukan. Namun, dia tidak bisa memastikan kapan perbaikan itu selesai,"paparnya.

Kejadian dikarenakan adanya penebangan pohon kelapa milik Suni warga Desa Matanair itu dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB. Warga yang ikut serta terdapat sekitar 7 orang. 6 orang bertugas untuk menarik tambang sebagai pengikat pohon kelapa, 1 orang bertugas memotong pohon kelapa dengan menggunakan mesin.

Menurut salah satu warga setempat, Erfan, saat itu dirinya bersama kawannya bertugas menarik tambang. Namun, setelah hampir selesai, tiba-tiba oleng dan tambangnya putus, sehingga pohon kelapa roboh ke jaringan utama listrik yang melintang ke arah barat.

"Awalnya pohonnya ingin diarahkan kebarat, tapi karena angin kencang dari arah timur, tiba-tiba pohon oleng ke arah selatan dan menimpa jaringan listrik,"tuturnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, travo yang berada didekat kejadian tersebut mengeluarkan api dan percikan arus listrik. ( Nita, Esha )