Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-01-2019
  • 408 Kali

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Perbanyak Event Menarik

Media Center, Selasa ( 08/01 ) Pada tahun pertama program Visit Sumenep 2018 mampu meningkatkan angka pengunjung wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 1.457.766 orang dari target 1.250.000 orang, yang berarti melampaui dari target jumlah pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Sufiyanto, SE, M.Si mengungkapkan, wisatawan domestik yang datang ke Sumenep tahun 2018 tersebut didominasi kunjungan ke wisata religi, yaitu Asta Tinggi dan Sayyid Yusuf.

“Syukurlah, kunjungan wisata religi di Sumenep sangat membantu meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara,” ungkap Sufi, Selasa (08/01/2019).

Meskipun jumlah wisnus naik, namun diakui Sufi, jika pengunjung wisatawan mancanegara (wisman) selama tahun 2018 masih minim, yakni dari target sebanyak 5.000 pengunjung hanya tercatat 3.500 turis yang menikmati sejumlah objek wisata yang ada di Sumenep.

Hal tersebut diakui Sufi, karena dampak dari terjadinya bencana alam yang mengguncang Indonesia di tahun 2018 lalu, sehingga banyak wisman yang mengurungkan datang ke Indonesia, termasuk ke Sumenep.

Namun, menurut Sufi, pihaknya yakin bisa memperbaiki di tahun 2019 ini. Salah satu upaya yang dilakukan dengan tetap menggelar event-event yang lebih menarik. Bahkan, kerja sama dengan sejumlah agen travel wisata terus dilakukan, agar bisa membawa banyak wisatawan ke Kota Keris ini.

“Kami di daerah tidak sendirian dalam membangun sektor wisata ini, berbagai event untuk menghadirkan wisman ke objek wisata di Sumenep juga turut dipasarkan oleh Kementerian Pariwisata RI,“ tandasnya. ( Ren, Esha )