Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 15-04-2019
  • 438 Kali

Tingkatkan SDM, Harapkan Peserta Kejar Paket C Lanjutkan Pendidikan

Media Center, Senin ( 15/04 ) Sebanyak 1.226 peserta kejar paket C setara Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di 54 lembaga penyelenggara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se-Kabupaten Sumenep.

Pelaksanaan UNBK kejar paket C di hari terkahir pada Senin (15/04/2019) ditinjau langsung oleh Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si di PKBM Kecamatan Ganding dan Lenteng.

“Secara umum pelaksanaan ujian kejar paket C berjalan lancar baik penyelenggara PKBM wilayah daratan maupun kepulauan, bahkan berdasarkan laporan angka kehadiran peserta cukup tinggi hingga mencapai 98 persen,” tegas Bupati Sumenep di sela-sela peninjauan pelaksanaan UNBK Kejar Paket C.

Ia berharap warga yang tidak menempuh sekolah reguler hendaknya memanfaatkan kejar paket agar pendidikan di Kabupaten Sumenep semakin maju demi meningkatkan kualitas SDM.

“Diharapkan warga yang tidak mengikuti pendidikan SMA reguler tetap bersemangat menuntut ilmu di program kejar paket C dan saya sampaikan terima kasih kepada warga yang telah memanfaatkannya untuk peningkatan SDM,” tutur suami Nurfitriana ini.

Bupati mengungkapkan, warga yang lulus program kejar paket C harus memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, karena persaingan semakin ketat dalam mencari pekerjaan dengan gaji yang layak.

“Saat ini, bersaing untuk mendapatkan pekerjaan sangat sulit jika hanya berijazah SMA sederajat, setidaknya lulus D1, D3 hingga S1. Untuk itu, menjadi orang sukses jangan menggantungkan diri kepada orang tua, namun dari diri sendiri dengan keilmuannya,” tandas Bupati dua periode ini.

Pada kesempatan itu Bupati KH. A. Busyro Karim didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Muhammad Saidi meninjau PKBM Al-Hikmah Desa Ganding Kecamatan Ganding dan PKBM Raudlatul Islam Desa Tarogan Kecamatan Lenteng.

Sementara Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Muhammad Saidi menambahkan, PKBM penyelenggara ujian kejar paket C baik daratan maupun kepulauan, menggunakan komputer sebagai media ujian.

“PKBM penyelenggara terutama di kepulauan jika ada kendala jaringan internet diberlakukan ujian offline. Hingga hari terakhir pelaksanaannya alhamdulillah berjalan lancar.” pungkasnya. ( Yasik, Fer )