Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 15-01-2019
  • 353 Kali

Upsus Oleh Babinsa Guluk-Guluk Bantu Petani Tak Gagal Panen

Media Center, Selasa ( 15/01 ) Untuk menghindari menurunnya hasil produksi pertanian, seperti halnya tanaman padi, jagung, kedelai maupun tanaman lainnya, harus ada upaya dalam membantu petani, agar tidak sampai gagal panen.

Salah satu upaya dengan menjaga lahan pertanian dari gulma, yakni tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan, karena dapat merugikan petani. Dan peran Bintara Pembina Desa (Babinsa) sangat diperlukan untuk ikut serta terjun langsung dalam melakukan pendampingan.

Babinsa Guluk-guluk, Serda Moh. Patis, mengaku turut serta dalam memberikan pendampingan kepada para petani dan Kelompok Tani (Poktan) untuk berupaya meminimalisir adanya gulma.

“Sebab, banyak faktor yang dapat mempengaruhi produksi atau hasil panen dan untuk menghindari hal tersebut kami membantu petani,” ungkap Serda Moh. Patis, Selasa (15/01/2019).

Diakui Serda Moh. Patis, jika langkah yang dilakukan, yakni terus melakukan pendampingan dan pengawalan yang disebut Upsus (Upaya Khusus) guna menindaklanjuti peningkatan produksi padi, seperti yang dilaksanakan di lahan milik Sahri di Desa Guluk-guluk, Kecamatan Guluk-guluk.

Lebih lanjut Serda Moh. Patis mengakui, jika peran Babinsa pada kegiatan Upsus dalam peningkatan produksi padi adalah sebagai komunikator, fasilitator, advisor, motivator, edukator, organisator dan dinamisator, yaitu melalui pengawalan dan pendampingan pertanian dengan petani atau Poktan.

Sementara Danramil 0827/07, Kapten Sapto Waluyo, merespon kegiatan Upsus oleh anggotanya. Apalagi saat ini dilihat secara umum jika padi, jagung dan kedelai merupakan tanaman yang menjadi prioritas utama oleh Pemerintah. Dan merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan pokok sebagai pemenuh kebutuhan pangan, pakan dan industri dalam negeri yang setiap tahunnya cenderung meningkat.

“Dengan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan, sehingga dari sisi ketahanan pangan nasional fungsinya menjadi amat penting dan strategis,” pungkasnya. ( Ren, Esha )