Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 10-08-2019
  • 585 Kali

Ustadz Dr. Musleh Wahid Sampaikan Tiga Nilai Wukuf Di Khotbahnya

Media Center, Sabtu ( 10/08 ) Pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini, Ustadz Dr. Musleh Wahid, M.Pd.I, jamaah haji kloter 6 asal Sumenep berkesempatan menyampaikan Khotbah Wukuf di Padang Arafah, Arab Saudi, Sabtu (9 Dzulhijjah 1440 Hijriyah/10 Agustus 2019).

Dalam Khotbahnya di hadapan ratusan jamaah haji kloter 6 asal Sumenep, Wakil Rektor I IDIA dan Humas Al-Amien Prenduan ini menyampaikan nilai-nilai Wukuf yang bisa diambil, yakni pertama tentang Ma'rifatullah (mengenal dan lebih dekat dengan Allah), kedua tentang Ma'rifatunnafsi (lebih tahu diri dan selalu introspeksi) dan yang ketiga tentang Ma'rifatul ghoiri (meningkatkan solidaritas lingkungan dan sosial).

"Nilai-nilai Wukuf di Arafah merupakan rangkaian penting dalam pelaksanaan ibadah haji untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, instrospeksi diri serta kepekaan terhadap kehidupan sosial kita," pesan Ustadz Musleh, yang isi khotbahnya juga dikirim melalui pesan Whatshapp (WA) kepada Media Center, Sabtu (10/08/2019).

Selanjutnya, Ustadz yang juga dikenal sebagai Pelatih Pembina Pramuka di Pusdiklatcab Sumenep ini memaparkan nilai Wukuf sebagai bagian dari napak tilas Nabi Ibrahim AS, demi ketaatannya terhadap perintah Allah SWT, rela korbankan segalanya, bahkan putera kesayangannya.

Pada akhirnya digantikan oleh kambing kibas, sebagai hadiah dari Allah SWT dan menjadi sejarah yang selalu terulang setiap tahun di Hari Raya Qurban/Idul Adha.

"Berikutnya, Wukuf sebagai makna perjuangan dan perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam mengembalikan Mekkah sebagai Kota Suci umat Islam dan menegakkan syariat Islam khususnya ibadah haji," tandas Ustadz Musleh yang juga anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep ini. ( Ren, Fer )