Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 17-01-2020
  • 594 Kali

Wabup Ingatkan Masyarakat Pentingnya Menjaga Dan Merawat Pohon

Media Center, Jum’at ( 17/01 ) Guna menciptakan ruang hijau sebagai penyeimbang alam akibat banyaknya polusi udara, Kodim 0827 Sumenep, melakukan aksi penanaman pohon di kanan-kiri pinggir jalan Provinsi.

“Mudah–mudahan melalui penanaman pohon ini, membangkitkan motivasi seluruh pihak untuk melestarikan lingkungan,” kata Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi, SH pada Penyerahan Secara Simbolis Bibit Pohon Untuk Ditanam di Kanan Kiri Ruas Jalan Provinsi tahun anggaran 2019, di Balai Desa Manding Laok, Jum’at (17/01/2020).

Wabup berharap, aksi penghijauan tersebut tidak hanya dilakukan lembaga pemerintah semata, namun juga harus dilakukan seluruh elemen masyarakat, sehingga kegiatan ini hendaknya terus dilaksanakan untuk mengurangi polusi udara sekaligus menambah keindahan jalan raya.

Ia mengungkapkan, penanaman pohon ini jangan hanya dilakukan secara seremonial, namun setelah kegiatan tersebut seluruh masyarakat harus memeliharanya, dengan menjaga dan merawat agar tanamannya tumbuh dengan baik.

“Yang terpenting, masyarakat jangan sampai melakukan penebangan pohon seenaknya sendiri tanpa mengantongi izin dari pihak terkait, karena ada sanksinya sesuai aturan. Jadi masyarakat harus melaporkan jika ada penebangan pohon liar di daerahnya,” tegasnya.

Wabup menambahkan, manakala penanaman pohon berhasil dampaknya sangat bermanfaat untuk keberlangsungan kehidupan masyarakat di masa mendatang, karena dengan pohon itu tidak sekedar menambah keindahan jalan raya saja.

“Pohon itu untuk kontribusi menambah oksigen dan menyerap air, sehingga tercipta lingkungan yang sehat,” tuturnya.

Sementara penanaman pohon di kanan kiri ruas jalan Provinsi secara simbolis dilakukan di sepanjang jalan lapangan sepak bola Kecamatan Manding oleh Wakil Bupati, Komandan Kodim 0827 Sumenep Letkol. Inf Ato Sudiatna, Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriyadi, S.I.K serta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sumenep.

Komandan Kodim 0827 Sumenep, Letkol. Inf Ato Sudiatna menambahkan, penghijauan ini merupakan program dari Kodam V/Brawijaya bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Di Kabupaten Sumenep penanaman pohon di kanan kiri ruas jalan Provinsi sudah tertanam 30.935 pohon mahoni, dan saat ini, kami rencanakan mendapat bibit pohon sebanyak 2.640 batang jenis mahoni,” tandasnya.

Kodim 0827 Sumenep, selain menyerahkan secara simbolis bibit pohon tersebut, juga menyerahkan bantuan rumah tidak layak huni tahun anggaran 2019.

“Program renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) pada tahun anggaran 2019, Kabupaten Sumenep mendapatkan 430 unit, di antaranya 2 unit tambahan sebagai apresiasi terhadap pelaksanaan program yang berjalan dengan baik,” pungkas Komandan Kodim 0827 Sumenep Letkol. Inf Ato Sudiatna. ( Yasik, Fer )