fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
image

Wabup: Pendidikan Salah Satu Kunci Meminimalisir Politik Uang

  • 2020-02-14
  • infokom
  • 347 Kali

Media Center, Jumat ( 14/02 ) Dalam rangka meminimalisir politik uang atau money politik di setiap pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu), baik Bupati/Walikota, Gubernur, Presiden, anggota Legislatif, dan Kepala Desa adalah dengan meningkatkan pendidikan masyarakat.

Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi, SH mengatakan, faktor tingkat pendidikan menjadi salah satu aspek yang paling banyak berpengaruh dalam menyadarkan masyarakat untuk menolak terhadap politik uang di setiap pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu), termasuk pemilihan Kepala Desa.

“Seluruh lembaga pendidikan formal maupun non formal, partai politik dan organisasi kemasyarakatan mempunyai peran penting dalam upaya menyadarkan masyarakat untuk mencegah sekaligus menghindari money politik di setiap Pemilu,” tegas Wakil Bupati pada Halaqah Kebangsaan di Pendopo Agung, Keraton Sumenep, Jumat (14/02/2020).

Untuk itu diharapkan seluruh elemen, baik tokoh masyarakat, tokoh agama, dan kalangan pelajar, serta pemuda melibatkan dirinya, dalam semua proses pendidikan politik, sekaligus proses pelaksanaan Pemilu.

“Semua elemen masyarakat supaya aktif menyosialisasikan pemberantasan politik uang, bahkan menggalakkan ”budaya malu” sebagai gaya hidup kepada kandidat dan kader partai politik termasuk pada masyarakat, agar mereka menolak ketika ada tawaran politik uang,” jelas Achmad Fauzi.

Halaqah kebangsaan dengan tema ”Upaya Meminimalisir Praktek Money Politic dan Oligarki pada tahun Politik 2020 di Kabupaten Sumenep” diadakan Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep dengan menghadirkan narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumenep.

Wabup menyatakan, penyelenggara Pemilu juga mempertajam sosialisasi politik sebagai senjata untuk meminimalisir praktek budaya money politik, karena sosialisasi lebih terkhusus pada penyuluhan tentang sistem, budaya dan persoalan politik lainnya.

“Dengan sosialisasi ini bisa menjadi daya tarik masyarakat, guna merubah budaya money politik yang sangat meresahkan. Karena Pemilu sebagai sebuah mekanisme dalam berdemokrasi, merupakan peristiwa penting untuk memilih pemimpin dalam pemerintahan,” pungkas Achmad Fauzi. ( Yasik, Esha/Fer )

image

Abaikan Protokol Kesehatan, Pengunjung Kafe Di Sumenep Dibubarkan Petugas

Kategori : Info Pemerintah

Media Center, Jumat ( 05/06 ) Protokol kesehatan nampaknya masih tidak diindahkan oleh sebagian pengunjung kafe, sehingga mereka dibubarkan oleh petugas

image

Hadapi New Normal, Ajak Pimpinan Ponpes Terapkan Protokol Kesehatan

Kategori : Info Pemerintah

Media Center, Jumat ( 05/06 ) Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)

image

Pandemi Covid-19, Canteng Koneng Tetap Berkarya Garap Design

Kategori : Info Pemerintah

Media Center, Jum'at ( 05/06 ) Meskipun untuk pembelian langsung batik tulis mengalami penurunan drastis dari sebelumnya, namun pengrajin batik tulis