Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 16-03-2018
  • 554 Kali

Wahid Foundation Gelar Teater Dan Pemutaran Film Dokumenter

Media Center, Jumat ( 16/03 ) Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional 2018, Wahid Foundation (WF) menggelar pertunjukan teater dan pemutaran film dokumenter berjudul Perempuan-perempuan Juru Damai, di Kantor Kecamatan Guluk-guluk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (15/03) malam.

Koordinator WF Sumenep, Sekar mengatakan, kegiatan tersebut selain dikemas sebagai 'Ngaji dan Diskusi Film Dokumenter Perempuan-Perempuan Juru Damai', juga mengenalkan pada khalayak ramai bahwa WF Sumenep memiliki beberapa kelompok usaha perempuan.

"Pada pagelaran ini tidak hanya dikemas menampilkan teater dan film dokumenter saja, tapi kami juga mengenalkan ke publik, bahwa kami memiliki 4 kelompok usaha para perempuan," kata Sekar, saat ditemui di sela-sela  pertunjukan film, Kamis (15/03) malam.

Menurutnya, kegiatan tersebut bagian dari Kampung Damai Sumenep WF yang melibatkan masyarakat perempuan dalam membangun damai dan mandiri.

Ia juga mencontohkan, 4 kelompok usaha perempuan yang sudah mulai mandiri dan dikenal di beberapa daerah, yakni diantaranya yang dikelola oleh santri puteri SMA 3 An-Nuqayah dengan cara mengolah sampah plastik, koran dan kaleng bekas menjadi sebuah lampion indah, waterfall, tas dan tempat air.

"Semua ini kami kemas untuk membangkitkan para perempuan agar bisa dan harus mandiri," terangnya.

Selain itu, pertunjukan teater 'Minangsih' dan film dokumenter Perempuan-perempuan Juru Damai berisi tentang bagaimana seorang perempuan memperjuangkan Desa mereka menjadi Desa atau Kampung damai.

"Intinya, kami menginginkan para perempuan (Wahid Foundation), dapat pembelajaran. Baik dari segi ekonominya, maupun dari segi sosialnya," pungkasnya.

Pagelaran teater itu melibatkan para perempuan-perempuan handal di Wahid Foundation. ( Nita, Esha )