fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
image

Waspadai Penyakit Demam Berdarah Di Musim Hujan

  • 2018-03-14
  • infokom
  • 297 Kali

Media Center, Rabu ( 14/03 ) Masyarakat diminta waspada menghadapi curah hujan yang tinggi belakangan ini, karena sering menimbulkan penyakit menular seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), Diare serta ISPA, sehingga masyarakat perlu waspada dengan meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep mengimbau masyarakat tetap waspada berjangkitnya penyakit-penyakit yang sering muncul saat musim penghujan, sebab intensitas curah hujan yang tinggi belakangan ini, kerap menimbulkan penyakit menular, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), Diare serta Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dr. H. Ahmad Fatoni, M.Si mengungkapkan, hujan akan memunculkan banyak genangan, sehingga wadah yang terisi air hujan juga menjadi tempat nyamuk berkembang biak, bahkan daerah perkotaan menjadi rawan penyebaran DBD, sebab banyak tandon yang terbuka menjadi tempat perlindungan nyamuk Aedes Aegypti.

"Untuk mencegah penyebaran nyamuk penyebab DBD meluas, kami mengimbau masyarakat untuk membersihkan lokasi yang menjadi tempat nyamuk berkembang biak," ungkapnya.

Dikatakan, sejumlah penyakit menular rawan terjangkit di musim penghujan ini, sehingga masyarakat diminta tetap menjaga kondisi badan dengan meningkatkan kekebalan tubuh, dengan makanan sehat bergizi, olahraga yang teratur, serta istirahat yang cukup.

“Bahaya demam berdarah memang sangat mengintai kita, utamanya di daerah rural atau padat penduduk, karena banyak tandon terbuka yang menjadi sarang berkembangbiaknya nyamuk,” tandasnya.

dr. Fatoni juga menambahkan, jika ada kasus DBD di lingkungannya, masyarakat harus segera melaporkan ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat, sehingga bisa segera dilakukan Pemberatasan Sarang Nyamuk (PSN) dan penyemprotan (pengasapan). ( Ren, Esha )

image

Dinkes Terus Berupaya Kurangi Jumlah Penderita Gangguan Jiwa Di Sumenep

Kategori : Kesehatan

Media Center, Rabu ( 10/10 ) Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep berupaya melayani masyarakat yang memiliki gangguan kejiwaan, termasuk pelayanan melalui

image

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Sudah Miliki Dokter Spesialis

Kategori : Kesehatan

Media Center, Senin ( 24/09 ) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep sejak tahun 2017,

image

Sebanyak 55 Penderita HIV Di Sumenep Masih Hidup

Kategori : Kesehatan

Media Center, Senin ( 17/09 ) Sebanyak 55 penderita HIV (Human Immunodeficieny Virus) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Masih hidup.

Berdasarkan