fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
image

Gili Iyang

Sebagai kabupaten dengan jumlah pulau terbanyak Jawa Timur, Sumenep menyimpan berbagai potensi wisata terutama keindahan pulau-pulau yang dimilikinya, salah satunya pulau gili iyang. Pulau yang terletak di Kecamatan Dungkek tersebut memiliki kandungan oksigen terbaik di dunia setelah laut merah di yordania yang dengan kadar oksigen 19,5 persen sampai 20,5 persen.

Hasil penelitian Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jawa Timur pada 2001 menyebutkan, kadar oksigen di Pulau Gili Labak 21,5 persen. Di daerah lain, umumnya kadar oksigen 26,5 persen sampai 38,7 persen. Angka tersebut diperkuat oleh hasil penelitian tim pusat pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim LAPAN akhir 2006 lalu.

Bahkan penelitian paling aktual yang dilakukan oleh BLH dan Bapedda Kabupaten Sumenep pada tahun 2011 angka kandungan oksigen bisa lebih rendah hingga 20,9 Persen pada waktu-waktu tertentu seperti pada bulan Pebruari.

Selain mengandung oksigen yang tinggi, pulau ini juga jauh dari kata polusi karena jarangnya kendaraan bermotor yang melintas di Gili Iyang. Kandungan karbondioksida yang ada di gili ini hanya sekitar 26,5 persen, sementara tingkat kebisingannya hanya 36,5 db. Jadi, selain udaranya menyegarkan suasananya juga menenangkan hati.

Sehingga tingkat harapan hidup warga di Gili Iyang cukup tinggi. Di Pulau Tersebut masih banyak dijumpai Kakek nenek yang berumur 80 saja masih terlihat bugar dan sehat, bahkan ada yang sampai berumur 175 tahun, sehingga pulau gili iyang saat ini memiliki julukan sebagai pulau awet muda dan menjadi destinasi wisata kesehatan yang telah diakui secara internasional.

 

Point Of Interst dari Pulau Gili Iyang

Kandungan Oksigen Jelas menjadi daya tarik utama dari pulau yang berjuluk pulau awet muda tersebut, namun bila wisatawan berkunjung ke pulau tesebut juga akan di sajikan keindahan pulau yang khas seperti hamparan pantai yang masih alami, pesona bawah lautnya dengan berbagai biota laut yang sangat indah.

Selain keindahan bahari Gili Iyang juga menyimpan berbagai keindahan alam yang juga sangat sayang untuk dilewatkan, seperti adanya gua mahkarya yang menimpan keindahan bawah tanah berupa stalaktit dan stalakmit yang terjaga kelestariannya.

Terdapat pula fosil ikan paus yang sengaja dipajang sebagai bukit bahwa gili iyang juga pernah menjadi daerah migrasi dari ikan terbesar di dunia tersebut.

Tips Dan Akses menuju Pulau Gili Iyang

Untuk Pulau Gili Iyang pengunjung dapat menggunakan ojek menuju pelabuhan dungkek yang berjalak 28 KM dari Pusat Kota, bila dari Terminal Arya Wiraraja Pengujung bisa memanfaatkan jasa ojek dengan tarif sekitar Rp. 50.000,- setelah sampai ke pelabuhan Dungek pengunjung bisa memanfaatkan transportasi perahu penyebrangan menuju pulau Gili Iyang dengan tarif Rp. 10.000,- s/d Rp 20.000,- yang beroprasi mulai jam 10.00wib hingga jam 14.00 WIB saja.

Tips

Selama di Gili Iyang dapat menggunakan jasa motor roda 3 untuk berkeliling dan menikmati keindahan alam pulau tersebut, karena sopir roda 3 bisa dijadikan tour guide yang handal.

Selama ada di pulau tersebut pengujung dapat menggunakan rumah warga yang sengaja disewakan untuk home stay, meskipun sederhana namun sudah cukup bersih sehingga kesan bersahajah dan alaminya akan semakin terasa.

Agar bisa datang dan meinggalkan pulau tersebut tanpa tergantung jadwal kapal yang ada, maka pengunjung dapat menyewa perahu tengan tarif Rp.300.000 hingga Rp. 500.000,- dengan kapasitas penumpang 10 hingga 15 orang.

Akses

akses menuju pulau gili iyang dapat ditempuh melalui pelabuhan di kecamatan dungkek dengan waktu perjalanan dari pusat kota kurang lebih 45 menit sampai pelabuhan pengunjung dapat menggunkan perahu dengan tarif Rp 10.000 s/d Rp. Rp 20.000 tengan jadwal berlayar mulai dari (Jam 11.00 wib sampai dengan jam 04.00wib) atau dapat menggunakan sistem carter sebesar 500.000 per kapal

Fasilitas

  • kamar bilas
  • Kantin/resto/warung
  • gazebo/tempat peristirahatan
  • Tempat Ibadah (Masjid/mushollah)

image
  • Pantai Slopeng

Pantai Slopeng memiliki hamparan pasir yang membentang sepanjang 6 km dengan luas lahan 3Ha. Pasir-pasir putih tersebut menjadi daya tarik ...

image
  • Pantai Lombang

Pantai berpasir putih ini memiliki pesona tersendiri. Keindahan Pantai Lombang yang dihiasi Pohon Cemara Udang, merupakan daya tarik yang sangat ...

image
  • Gili Labak

Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil yang menyimpan sejuta pesona, hamparan pasir putih yang mengelilingi pulau dengan luas tidak lebih dari 5 ...

image
  • Pantai Badur ( alasan untuk mencari suasana tenang nan eksotis)

Bila menginginkan liburan dengan suasana tenang sebagai obat untuk menenangkan pikirana maka pantai badur adalah jawabannya, pantai yang terletak di Desa Badur ...