fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
image

Sumenep adalah Kota Keris

Klaim UNESCO kepada terhadap Sumenep sebagai kota keris memang bukan hal yang berlebihan , karena di Kabupaten Sumenep, keris telah menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Kenyataan tersebut tidak mengherankan karena Kabupaten Sumenep merupakan sebuah wilayah yang dahulunya merupakan Kerajaan yang sangat akrab dengan benda pusaka tersebut.

Sama seperti wilayah keraton lainnya (Yogyakarta, solo, bali) keberadaan empu pembuat keris lestari hingga hari ini. namun yang membedakan dengan daerah lainnya julam empu pembuat kersi di kabupaten sumenep cukup banyak (554),  bahkan tidak seperti di daerah lain dimana empu identik dengan sosok yang sudah lansia, namun di Sumenep para empu keris juga datang dari para generasi muda, kenyataan tersebut menjadi bukti sahih dari masih lestarinya budaya keris di Kabupaten Sumenep.



Akses

Sentra Pembuatan Keris di Kabupaten Sumenep terletak di Desa Aeng Tong-tong Kecamatan Bluto Sumenep, dimana hampir setiap hari tidak pernah sepi dari aktifitas pembuatan keris wisatawan dapat mengunjug centra pembuatan keris tersebut dengan menggunakan jasa angkutan ojek yang berada di Terminal Trunojoyo Sumenep.

Fasilitas

  • Kantin/resto/warung
  • Tempat Ibadah (Masjid/mushollah)