fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
image

Ini Soto Sumenep.... Bukan Soto Madura

Berbicara tentang kuliner berkuah Sumenep merupakan surganya, terdapat banyak varian dari kuliner berkuah yang merupakan khas Sumenep, salah satunya adalah Soto Sumenep, yang merupakan makanan khas Sumenep yang tidak dijumpai dimanapun, berbeda dengan soto madura yang kita kenal Soto Sumenep memiliki rasa yang lebih otentik.

yang menjadi khas dari soto sumenep adalah ada irisan lontong, singkong rebus, suun, toge kecil goreng (bukan toge yang sudah ada batang panjangnya ya..), dan irisan daun bawang merah. Keunikan lain dari soto ini adalah tambahan bumbu kacang yang kental saat akan disajikan. Bumbu kacang dibuat dari kacang tanah goreng, petis ikan (ini juga khas Madura), garam, sedikit cuka aren (bukan cuka pabrikan ya..), dan cabe rawit sesuai selera. Beberapa penjual menambahkan pisang biji muda yang dihaluskan bersama seluruh bahan bumbu kacang. Bumbu ini disiramkan diatas irisan lontong dan singkong. Setelah semua bahan yang saya sebutkan tadi tertata di piring, barulah kuah soto disiramkan. Kuah soto ini bening, bukan kuning seperti Soto Madura diluar sana, dan berisi jeroan sapi (babat dan usus). Sebagai bahan pelengkap penjual menambahkan irisan jeruk nipis dan kecap manis.

Bumbu kuah Soto Sumenep ini relatif minimalis, tidak sebanyak bumbu soto madura yang berwarna kuning. Hanya bawang putih, bawang merah, lengkuas dan jahe yang digeprek, lada halus (yang masih fanatik tetap menggunakan lada bulat yang dihaluskan). Pada kuah soto ditambahkan bawang merah dan bawang putih goreng serta daun bawang merah goreng. Karena itu aroma soto ini begitu khas dan ringan cita rasanya.

Soto ini sangat cocok menjadi santapan siang hari karena kesegaran dari kuah yang cukup menggugah selera di tambah adanya lontong (bukan nasi) membuat soto sumenep cukup digemari untuk santapan makan siang yang tidak terlalu membuat kenyang, sehingga bisa melanjutkan aktifitas sehari-hari.

Pengujung dengan mudah memperoleh soto madura karena terdapat banyak kedai, warung yang menjual panganan tersebut, baik di pusat kota maupun di pelosok desa di Kabupaten Sumenep. harga soto madura juga masih bisa dikatakan murah, dengan harga Rp. 8.000,- hingga 12.000,- bahkan di desa soto bisa didapatkan dengan tentan harga Rp. 3.000,-  sampai Rp. 5.000,-.


Akses

Fasilitas