Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 05-10-2016
  • 480 Kali

BPBD Sumenep Himbau Masyarakat Waspadai Bencana Di Musim Hujan

News Room, Kamis ( 06/10 ) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, menghimbau masyarakat khususnya di Kabupaten Sumenep untuk selalu waspada terhadap terjadinya berbagai bencana yang terjadi, khususnya pada saat musim hujan, seperti terjadinya banjir, longsor dan bencana lainnya.

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Sumenep, R. Syaiful Arifin kepada wartawan mengakui, jika instansinya akan mengirim surat edaran kepada para Camat, Kepala Desa dan semua SKPD di Kabupaten setempat berkaitan dengan surat dari BMKG dan Mendagri per tanggal 22 September 2016.

“Kami sudah mengirimkan surat ke Bupati untuk membuat surat edaran kepada Camat, Kepala Desa dan semua SKPD terkait agar masyarakat waspada dan siaga adanya banjir dan longsor.”ungkapnya.

Berdasarkan prediksi dari BMKG, hujan akan berakhir pada bulan Nopember mendatang, sehingga BPBD Kabupaten Sumenep juga sudah melakukan Pemetaan daerah rawan banjir dan longsor agar bisa diantisipasi sejak dini.

Daerah yang rawan banjir dan longsor diantaranya Desa Batu Ampar Kecamatan Guluk-Guluk, Kecamatan Pragaan, Desa Tanamerah Kecamatan Nonggunong, Desa Sawahsumur Kecamatan Arjasa, Desa Batuputih Daya dan Desa Badur Kecamatan Batuputih.

Diingatkan pula kepada para relawan BPBD dan Kepala Desa utamanya di Daerah Penambangan seperti di Desa Batuputih Daya dan Desa Langsar agar lebih berhati-hati. Sebab, potensi longsor bisa terjadi ketika intensitas hujan tinggi utamanya di daerah yang cenderung rawan longsor dan banjir.

“Jadi, semua harus siaga terhadap bencana yang kapan saja bisa terjadi di sekitar kita.”tambahnya. ( Ren, Fer )