Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 16-06-2022
  • 1051 Kali

Ahad Ini, PCNU Sumenep Akan Gelar Muskercab

Media Center, Kamis (16/06) Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep akan digelar pada Ahad (19/06/2022) mendatang. Forum rapat tertinggi NU di tingkat Cabang setelah Konferensi Cabang (Konfercab) tersebut, akan digelar di Pondok Pesantren Tarate Selatan (Taretan), Pandian, Kota Sumenep asuhan KH Abd Rahem Usymuni.

Ketua Panitia Muskercab Zainul Hasan, kepada Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat menjelaskan bahwa Muskercab akan mengusung tema “Konsolidasi Jam’iyah dan Jama’ah untuk Memperkuat Ranting NU”. 

Menurut Hasan yang juga Sekretaris PCNU Sumenep mengatakan bahwa tema tersebut diangkat sebagai bentuk komitmen PCNU Sumenep dalam penguatan ranting.

“Ke depan, kita akan fokus pada penguatan ranting NU, sesuai dengan amanat Konfercab NU Sumenep 2020. Kita ingin gerakan ini menjadi gerakan bersama, baik oleh struktur NU di semua tingkatan (jam’iyah) maupun oleh kultur NU di berbagai wilayah (jama’ah),” ungkapnya, Kamis (16/06/2022).

“Kekuatan NU tidak hanya di struktur, melainkan juga di kultur sebagai basis warga NU. Sedang yang paling dekat dengan basis NU tidak lain adalah Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU). Oleh sebab itu, elemen struktur dan kultur perlu diperkuat sinerginya,” imbuhnya.

Hasan menjelaskan bahwa selain melakukan evaluasi dan refleksi atas perjalanan PCNU Sumenep dua tahun terakhir, juga akan dibahas persoalan-persoalan penting terkait kondisi internal organisasi maupun persoalan-persoalan kemasyarakatan. 

"Kita juga akan membahas persoalan-persoalan penting menyangkut pelaksanaan program, keorganisasian, kemasyarakatan, kebangsaan dan menetapkannya menjadi kebijakan jam'iyah ke depan," terangnya. 

Diketahui, acara tersebut nantinya akan melibatkan seluruh elemen kepengurusan. Mulai dari Mustasyar, Syuriyah, A’wan, Tanfidziyah, Lembaga hingga Badan Otonom NU di tingkat Cabang. Selain itu, Rais, Katib, Ketua dan Sekretaris Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Sumenep juga akan dilibatkan.

"Saya berharap, semua pengurus NU yang diundang untuk hadir di acara ini. Ini permusyaratan tertinggi kedua setelah Konferensi," pungkasnya.

(Miko, Han)