Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 30-01-2018
  • 492 Kali

Akses Binaan Babinsa, Jalin Komunikasi Berkesinambungan

Media Center, Selasa ( 30/01 ) Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang merupakan ujung tombak pembinaan teritorial di tingkat Desa perlu terus melakukan komunikasi yang berkesinambungan dengan warga, sehingga Babinsa akan semakin mudah mengakses informasi yang terkini di wilayah binaannya. Seperti halnya yang dilakukan anggota Koramil 21/Ra’as, Kopka Edy Purnomo, yang rutin melakukan komunikasi dengan masyarakat petani binaannya, seperti yang dilakukan pada warga di Dusun Selatan Desa Guwa-Guwa, Kecamatan Ra’as, Kabupaten Sumenep.

“Salah satu peran kami di wilayah adalah membina teritorial. Seorang Babinsa harus siap menjadi tempat mengadu masyarakat, terkait berbagai persoalan yang ada di wilayah binaan kami,” ungkapnya, Selasa (30/01).

Menurutnya, Babinsa dituntut dapat memetakan kondisi wilayah teritorialnya, sehingga dapat diaktualisasikan pemetaan wilayahnya, sehingga jika kemungkinan terjadi sesuatu, bisa langsung diketahui dengan cepat. Berbagai hal yang menjadi pembahasan seputar himbauan Kamtibmas, isu radikalisme, serta upaya wajib lapor bila ada tamu atau orang luar daerah kepada Ketua RT.

Lebih lanjut Kopka Edy Purnomo menjelaskan, jika kegiatan anjangsana yang dilakukannya sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan jiwa kebersamaan di kalangan warga masyarakat yang merupakan tradisi bangsa Indonesia yang harus kita lestarikan. Hal itu juga sebagai bentuk kepedulian Babinsa dalam terciptanya Kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Tentunya, dengan membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat, sama halnya dengan menambah kekuatan dalam mewujudkan situasi yang damai, aman tentram dan kondusif,“ pungkasnya. ( Ren, Esha )