Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-10-2015
  • 359 Kali

Awal Musim Hujan Diperkirakan Awal Desember 2015

News Room, Senin ( 26/10 ) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) Kalianget memprediksi kurang lebih 5 atau 6 pekan mendatang sebagai awal masuknya musim hujan. Istilahnya, dalam dasarian pertama atau sepuluh hari di awal bulan Desember 2015 nanti. 

“Perkiraan setiap tahun berdasarkan kebiasaan atau umumnya memang di Desember dasarian satu,”kata Endriyono, Prakirawan BMKG Kalianget, pada News Room, Senin (26/10).

Sebelum masuk musim baru, menurut Endri akan ditandai terlebih dulu dengan musim transisi. Dengan kecepatan angin yang masih dalam taraf kalem teduh.

“Kalau masih kalem teduh itu dikatakan musim transisi. Artinya arah anginnya bervariasi. Kadang dari timur, kadang juga dari arah barat, dan lain sebagainya,”jelas pria yang sejak tahun 2005 lalu betugas di BMKG Kalianget ini.

Endri juga menjelaskan, ketika nanti arah angin sudah tepat berasal dari arah barat laut, maka ketika itulah masuk yang namanya musim hujan. Dengan syarat apabila curah hujan dalam setiap harinya perdasariannya itu mencapai 50 mm. Atau dalam satu bulannya itu di atas 150 mm.

“Kalau di bawah 50 mm setiap hari perdasariannya, itu masih belum dikatakan musim hujan, meski sudah mulai turun hujan,”tambah Endri.

Sementara saat ini arah angin masih bertiup dari arah Timur Tenggara dengan kecepatan 5 hingga 40 kilometer perjam, dengan cuaca cerah berawan. Suhu musim berada di kisaran 26 sampai dengan 33 derajat celcius, diikuti dengan kelembaban 60 sampai dengan 87 persen. ( Farhan, Esha )