Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 31-10-2023
  • 1493 Kali

Awali Pembangunan Tugu, Bupati Lakukan Penempaan Keris

Media Center, Selasa ( 31/10 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep mengawali pembangunan monumen tugu keris di Desa Sendang Kecamatan Pragaan, dengan melakukan penempaan keris di Hari Jadi ke-754 Kabupaten Sumenep, Selasa 31 Oktober 2023.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, pihaknya membangun tugu keris yang berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Sumenep dan Pamekasan sebagai ikhtiar, untuk menduniakan predikat Kabupaten Sumenep sebagai Kota Keris.

"Pembangunan tugu atau penanda kawasan itu merupakan bagian untuk menunjukkan identitas bahwa Kabupaten Sumenep adalah Kota Keris, sesuai dengan ketetapan Unesco bahwa Kabupaten Sumenep memiliki empu terbanyak di dunia,” kata Bupati di sela-sela penempaan keris dalam rangka pembangunan monumen keris di Taman Andhep Ashor Pendopo Agung Keraton, Selasa (31/10/2023).

Selain pembangunan tugu keris untuk menunjukkan kepada publik identitas daerah, tugu itu juga dalam rangka memperindah wilayah perbatasan sebagai wajah daerah, sehingga masyarakat semakin mengenal Kabupaten Sumenep sebagai Kota Keris.

"Tugu keris di perbatasan sejatinya telah menjadi rencana sejak lama, namun bisa dilaksanakan mulai tahun ini,” terangnya.

Penempaan keris sebagai tugu di pintu masuk ke Kabupaten Sumenep dilakukan oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, Keluarga Keraton Sumenep, Paguyuban Keris dan pihak terkait lainnya.

“Semoga tugu keris yang dikerjakan orang profesional dan memiliki keahlian, berjalan lancar dan sukses, serta kesehatan, keselamatan dan kelancaran dalam mencapai target untuk kebaikan Kabupaten Sumenep,” pungkas Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo. ( Yasik, Fer )