Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 01-11-2022
  • 453 Kali

Babinsa Dungkek Lakukan Pengecekan dan Penyekatan Hewan Ternak Sapi

Media Center, Selasa ( 01/11 ) Pemerintah saat ini masih gencar dalam upaya mengatasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang masih ada di berbagai daerah, khususnya di Kabupaten Sumenep.

Salah satu upaya yang dilakukan saat ini, dengan melakukan pengecekan kesehatan dan penyekatan di sejumlah lokasi penyeberangan seperti pelabuhan.

Seperti halnya yang dilakukan di Pelabuhan Dungkek terhadap hewan ternak sapi oleh Babinsa jajaran Koramil 0827/17 Dungkek Serda Yusuf bersama petugas UPT Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kecamatan Dungkek.

Upaya lain juga dilakukan pemerintah yaitu dengan mendirikan pos penyekatan di beberapa titik yang memungkinkan hewan ternak dari daerah lain masuk ke Kabupaten Sumenep.

Babinsa Koramil 0827/17 Dungkek Serda Yusuf, mengungkapkan, dalam upaya mencegah penyebaran PMK, bersama dinas terkait melaksanakan pengecekan kesehatan hewan ternak di Pelabuhan Kecamatan Dungkek, Selasa (01/11/2022).

“Kami melaksanakan pengecekan dan penyekatan di Pelabuhan Kecamatan Dungkek, ketika ditemukan hewan ternak sakit, dipisahkan. Kemudian dilaporkan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian sebagai penanggung jawab,” ujarnya.

Serda Yusuf menyampaikan, dengan melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak dan penyekatan secara rutin, di Pelabuhan Kecamatan Dungkek, dapat mengetahui kondisi kesehatan hewan yang keluar masuk pelabuhan.

Apabila dalam pengecekan tersebut ditemukan ada hewan ternak yang sakit, segera laporkan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian sebagai penanggung jawab, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mencegah meluasnya penyebaran PMK di wilayah Kabupaten Sumenep,” pungkasnya. ( Dim/Ren,Fer )