Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 05-09-2024
  • 117 Kali

Babinsa Koramil Saronggi Dorong Petani Lakukan PAT

Media Center, Kamis, ( 05/09 ) Babinsa Koramil 0827/06 Saronggi Sertu Masyono membantu petani menanam padi.

Upaya itu dilakukan untuk mendorong para petani dalam program Perluasan Areal Tanam (PAT) padi di wilayah binaannya, di Dusun Kermata Desa Saronggi Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep, Kamis (05/09/2024).

Perluasan areal tanam dibantu oleh beberapa unsur seperti Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Saronggi Mutiara Ayu Citra, Petugas Pengamat Organisne Penyakit Tanaman (PUPT) Kabupaten Sumenep Andik, PUPT Kecamatan Saronggi Madruha, Kelompok Wanita Tani (KWT) Saribunga Desa Saronggi Rima dan mahasiswa pertanian Polbangtan Malang, Sabaq Ramadhan.

Babinsa Koramil 0827/06 Saronggi Sertu Masyono mengatakan, solusi cepat untuk mengatasi kelangkaan pangan ini adalah Perluasan Areal Tanam (PAT), dia yakin apabila program tersebut dijalankan maka di wilayah Kecamatan Saronggi dapat mewujudkan swasembada pangan.

“Upaya mendukung PAT ini yang terpenting adalah pengairan, kami upayakan membantu melakukan pompanisasi dan pengeboran air,” jelasnya.

Adapun jenis padi yang ditanam di sawah milik Kelompok PAT KWT Sari Bunga dengan luas lahan 0,5 hektar padi varietas unggul Inpari 42, di Dusun Kermata Desa Saronggi Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep.

Sertu Masyono menegaskan bahwa PAT ini untuk memenuhi kebutuhan pangan yang ke depannya akan semakin meningkat.

“PAT ini bisa difokuskan, karena kebutuhan ke depan sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan pangan yang tersedia," tegasnya. 

Ia mengimbau kepada para petani agar terus menanam padi meski di musim kemarau. ( Dim/Ren,Fer )