Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 30-09-2023
  • 488 Kali

Bakti Nusantara, Gelar Penyuluhan, Hingga Perkemahan Perdamaian

Media Center, Sabtu (30/09) Yayasan Tunas Bakti Nusantara yang bekerja sama dengan Kodim 0827/Sumenep dan Pemkab Sumenep gelar bakti nusantara penyuluhan, pelayanan USG, dan perkemahan perdamaian.

Gelaran bakti nusantara dilaksanakan di dua tempat yaitu Kecamatan Batuputih dan Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Sabtu (30/09/2023).

Kegiatan penyuluhan di antaranya penyuluhan gizi, PTM, kespro, capacity building guru (peningkatan kapasitas guru), bertempat di Ponpes Darut Toyibah.

Sementara kegiatan penyuluhan psikoedukasi pernikahan dini berlangsung di Yayasan Nurul Islam, pelayanan USG bertempat di Puskesmas Legung, dan perkemahan perdamaian di Pantai Badur.

Wakil Ketua Panitia Tunas Bakti Nusantara Wahyu Andito mengatakan, alasan memilih kegiatan bakti nusantara di Sumenep melengkapi program Kodim 0827/Sumenep, yaitu TNI manunggal dengan masyarakat menggali sumber air.

"Kami mendapatkan kerja sama dengan Kodim 0827/Sumenep yang memiliki program TNI manunggal dengan masyarakat, salah satunya mencari sumber air di Batuputih, dan bersyukur sekali setelah menggali di kedalaman 80 meter mendapatkan sumber air untuk masyarakat di situ," ujarnya.

Wahyu juga berharap masyarakat Sumenep mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut.

"Yang pertama dari kesejahteraan karena dengan didapatkan sumber air. Mudah-mudahan meningkatkan kesejahteraan warga Batuputih, lalu kesehatan nusantara untuk meningkatkan kesehatan secara fisik, kemudian inspirasi nusantara untuk meningkatkan kapasitas secara mental dan kejiwaan serta nasionalismenya," paparnya.

Sementara, Kasdim 0827/Sumenep Mayor Cba Ari Pamungkas mengatakan kegiatan dilaksanakan selama dua hari dengan melibatkan Persit KCK Cabang XLVI Kodim 0827/Sumenep.

"Rangkaian bakti nusantara ini masih ada kegiatan lagi besok harinya seperti sunatan massal, dan pengobatan massal," ucapnya.

Pihaknya juga berharap kegiatan bakti nusantara ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di Sumenep khususnya wilayah Batuputih dan Batang-Batang.

"Semoga kegiatan ini berdampak positif, bermanfaat bagi masyarakat, menumbuhkan lagi semangat pengabdian khususnya bagi siswa pramuka saka wira kartika. Juga memberikan sumbangsih positif bagi kesehatan masyarakat dengan adanya akses kesehatan gratis ini,” tutup Ari Pamungkas.

(Dim, Han)