Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 21-03-2022
  • 589 Kali

Bangkitkan Ekonomi Desa, BLT-DD Aeng Panas Diberikan Tiga Bulan

Median Center, Senin ( 21/03 ) Untuk membangkitkan masyarakat dari keterpurukan ekonomi desa yang disebabkan oleh pandemi, Pemerintah Desa (Pemdes) Aeng Panas menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Balai Desa setempat. 

“Bantuan yang disalurkan hari ini sebanyak 115 KPM dan diberikan dalam hitungan tiga bulan yakni dari bulan Januari, Februari dan Maret 2022," kata Kepala Desa (Kades) Aeng Panas, Muhammad Romli, SE dalam sambutannya, Senin (21/03/2022).

Ia mengungkapkan, tujuan utama dari penyaluran BLT Dana Desa adalah untuk membantu masyarakat miskin dan miskin ekstrem yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Dengan bantuan ini diharapkan masyarakat bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi yang menyebabkan pasar lesu dan ekonomi menurun,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Pragaan, Heru Cahyono, S.STP menyampaikan, pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak ekonomi dan sosial yang massif di kota maupun di desa, ekonomi lesu, banyak pengangguran, daya beli menurun, belum lagi dampak yang ditimbulkan pada aspek kesehatan masyarakat.

"BLT-DD ini untuk meminimalisir dampak pandemi Covid-19 bagi warga desa serta upaya mempercepat penuntasan penanganan kemiskinan di desa," jelasnya.

Pihaknya berharap, semua orang bisa memaklumi jika di masa pandemi seperti saat ini tidak banyak pembangunan fisik, karena anggaran Dana Desa 40 persen terpusat ke BLT-DD.

“Ini kebijakan saat darurat, jika di tahun 2023 pandemi usai, maka peruntukan DD bisa kembali digunakan untuk anggaran pembangunan fisik lebih maksimal,” tukasnya.

Heru menambahkan, sasaran penerima BLT-DD adalah keluarga miskin yang belum mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Kartu Pra Kerja, tidak memiliki cadangan ekonomi yang cukup, dan penderita sakit kronis atau rentan. ( KIM-KMAP/Ismi,Fer )