Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 23-05-2018
  • 570 Kali

Baru 30-an Desa Di Sumenep Cairkan DD Tahap Pertama

Media Center, Rabu ( 23/05 ) Untuk tahap pertama tahun 2018, Dana Desa (DD) baru cair bagi 30-an Desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, H. Ach. Masuni mengatakan, dari 334 Desa/Kelurahan, baru 30-an Desa yang telah mencairkan DD tahun anggaran 2018.

“DD tahap pertama yang pencairannya 20 persen, sampai sekarang baru ada 30 Desa yang telah mencairkan,” kata H. Masuni, Rabu (23/05).

Dari 30-an Desa yang telah mencairkan DD tahap pertama tahun ini tersebar di 9 Kecamatan, yaitu Kecamatan Bluto 2 Desa, Giligenting 3 Desa, Ambunten 1 Desa, Rubaru 1 Desa, Lenteng 10 Desa, Batuputih 5 Desa, Dungkek 5 Desa, Batang-batang 3 Desa, dan Gapura 1 Desa.

H. Masuni mengakui ada keterlambatan pencairan DD kali ini. Hal itu disebabkan, salah satunya karena masih banyak Desa di Kabupaten paling timur Pulau Madura ini belum menuntaskan entri data ke dalam Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

“Proses peng-entrian data, misalnya terkait keuangan Desa, masih terus dilakukan oleh para operator. Mereka terus konsultasi dengan kami. Maklum, karena Siskeudes ini baru. Makanya di awal-awal mereka mengalami hambatan,” paparnya.

Oleh karena itu, H. Masuni mendesak seluruh Desa yang belum menyelesaikan entri data segera menyelesaikannya, agar pencairan DD tahap pertama bisa segera dilakukan dan direalisasikan.

“Kalau pencairan tahap kedua desa tetap tidak ada proses yang bagus, bisa ada sanksi nanti kepada desa. Sanksinya berupa apa? Nanti pusat yang menentukan,” tukasnya. ( Nita, Esha )