Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 23-06-2023
  • 604 Kali

Baznas Sumenep Beri Penghargaan Siswa Terbaik Ar-Rasyid Rubaru

Media Center, Jum’at (23/06) Haflatul imtihan merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan Islam termasuk yang dikelola oleh Yayasan Ar-Rasyid Duko Rubaru Sumenep. Pada Kamis (22/06/2023) malam, even tersebut dilaksanakan di halaman madrasah dengan menggelar beberapa rangkaian acara, antara lain penganugerahan sisws teladan, wisuda terbaik, dan program baca kitab, serta tahfidz.

Hadir dalam acara ini seluruh wali siswa, tokoh masyarakat, dewan guru dan pengurus Yayasan. Perhelatan tersebut mendatangkan penceramah senior, KH Imam Hasyim, dari PCNU Sumenep yang menjelaskan pentingnya peran orang tua untuk aktif membangun komunikasi dengan guru dalam mengevaluasi perkembangan anaknya.

Dalam rangkaian pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi, Ar-Rasyid bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumenep memberikan uang pembinaan.

"Upaya ini kami lakukan untuk mendorong siswa agar terus semangat meningkat prestasi,” ucap Kepala MI Ar-Rasyid Fadlillah.

Penyerahan dana tersebutkan dikelompokkan menjadi tiga katagori, yaitu siswa teladan sebanyak 5 orang. Masing-masing satuan pendidikan sebanyak satu orang, yaitu untuk RA, MI, MTs, MDT Ula dan MDT Wustho.

"Semoga ini menjadi inspirasi bagi siswa untuk terus memupuk semangat belajar demi meraih prestasi, jelas Kepala MTs Ar-Rasyid Hariri, di tempat dan waktu sama.

Katagori kedua wisuda terbaik yakni tiga orang masing-masing satu orang untuk RA, MI, dan MTs. Ketagori adalah tahfidz dan baca kitab.

Sementara Shulhan dari LBM NU yang sekaligus juga menjabat direktur kepesantrenan Ar-Rasyid mengaku saat ini pihaknya sedang merintis program pendidikan selevel MA/SMA. “Tetapi hanya fokus pada hafalan Al-Qur'an, praktik baca kitab dan pengalamannya, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA, serta menulis,” ucap Shulhan setelah menyerahkan penghargaan.

Sementara Ketua BAZNAS Kabupaten Sumenep Sukri menyatakan bahwa salah satu program BAZNAS adalah Sumenep Cerdas. "Program kami salah satunya untuk mendorong peningkatan sumber daya Sumenep melalui peningkatan pendidikan dan berupa untuk mendorong siswa dan santri berprestasi untuk diapresisasi agar terus maju ,” tutupnya.

(Miko, Han)