Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 16-08-2024
  • 662 Kali

Berkat Kecepatan Informasi dan Kesigapan Petugas Kebakaran Kandang Sapi Tertangani

Media Center, Jumat ( 16/08 ) Kebakaran yang terjadi Jumat (16/08/2024) pagi di  Dusun Asem Nunggal RT.002/RW.002 Desa Kalianget Barat Kecamatan Kalianget, tertangani dengan baik berkat kecepatan informasi dan kesigapan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sumenep.

Kejadian berawal dari informasi yang disampaikan warga setempat sekitar pukul O7.00 WIB melalui Call Center Mako Damkar yang selanjutnya diiteruskan ke Call Center 112, sehingga semua Tim Terpadu lainnya seperti dari Polsek Kalianget, tenaga medis dan lainnya segera merapat ke lokasi.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumenep, Wahyu Kurniawan Pribadi, AP, M.Si, melalui Kasi Pencegahan Kebakaran, Widartono, ST, menjelaskan, pemadaman kebakaran hampir tidak ada kendala yang berarti. Selain kekompakan dan dukungan semua pihak petugas bisa menangani lalapan api dengan lancar, karena akses ke lokasi kejadian, dua unit mobil Damkar juga mudah menjangkau lokasi kebakaran.

"Akibat yang ditimbulkan dari kebakaran tersebut menghanguskan kandang sapi dan api yang menjalar mengenai bagian dua atap rumah di belakang yang berhubungan dengan kandang sapi milik korban, Mateman," ujarnya.

Dijelaskan, langkah yang dilakukan petugas pemadam kebakaran sesuai kronologi yang dilaporkan petugas, yakni pukul 07.07 WIB setelah selesai melakukan persiapan (memakai baju APD) Tim Damkar meluncur dan pukul 07.20 WIB sampai di Tempat Kejadian Kebakaran (TKK).

Selanjutnya Tim Damkar langsung melakukan proses pemadaman dan pendinginan dibantu oleh petugas Polsek Kalianget bersama warga sekitar. Tidak sampai satu jam api sudah padam dan tim Damkar melakukan penyisiran di lokasi yang dikhawatirkan ada sisa bara api yang masih menyala.

"Syukurlah setelah dilakukan penyisiran dan dinyatakan aman, Tim Damkar bersama petugas gabungan lainnya meninggalkan lokasi," tandasnya. ( Ren, Fer )