Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 17-03-2016
  • 379 Kali

BKP Jawa Timur Gelar Pelatihan Produk Olahan Di Sumenep

News Room, Jumat ( 18/03 ) Tim Penggerak PKK Desa di 3 Desa di Kabupaten Sumenep, yakni Desa Kolpo Kecamatan Batang-batang, Desa Aengpanas Kecamatan Pragaan, dan Desa Daramista Kecamatan Lenteng mendapat pelatihan pembuatan produk olahan dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Propinsi Jawa Timur, yang ditempatkan di Aula Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Sumenep, Jumat (18/03).

Kepala Sub Bidang Ketahanan Pangan Dan Bidang Kewaspadaan Pangan Badan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Timur,  Ir. Setyo Widodo kepada News Room, mengungkapkan, kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di 16 Kabupaten/Kota se Jawa Timur dan salah satunya dilaksanakan di Kabupaten Sumenep.

“Kami memang memilih beberapa daerah yang dinilai merupakan daerah rawan pangan, sehingga diberi pelatihan memasak produk olahan, khususnya yang berbahan baku ikan laut, dan tanaman di pekarangan dan yang ada di sekitar kita,”ungkapnya.

Disamping itu tegas Setyo Widodo, disamping nantinya para pengurus Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa di 3 Desa ini mendapat pelatihan, juga mendapat bantuan peralatan memasak produk olahan, seperti kompor gas, gas elpiji, wajan, panci, pressto, dan beberapa peralatan memasak lainnya.

Diharapkan, dari kegiatan pelatihan dan pemberian bantuan peralatan produk bahan olahan tersebut, nantinya dapat termanfaatkan dengan baik. Setidaknya bisa diterapkan di dalam rumah tangga, kemudian bisa di tingkatkan pada usaha kecil menengah, bahkan bisa dikembangkan untuk usaha kelompok atau usaha bersama dan sebagainya.

“Disamping program tersebut, masih ada program lainnya, seperti program mandiri pangan yang dilaksanakan untuk peningkatan ketahanan pangan, khususnya di Jawa Timur,”tandasnya. ( Ren, Esha )