Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-07-2024
  • 311 Kali

Bupati Ach. Fauzi Wongsojudo: Parade Tongtong Serek Upaya Pelestarian Seni dan Budaya Masyarakat

Media Center, Kamis ( 25/07 ) Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, masyarakat selalu menjaga, merawat serta melestarikan musik tradisional, supaya anak cucu bisa menikmati seni budaya itu sepanjang waktu.

“Kami mengharapkan, seni budaya seperti tongtong serek salah satu kesenian tradisional khas Kecamatan Pragaan terus lestari dan berkembang di tengah-tengah masyarakat,” kata Bupati di sela-sela Pembukaan Parade Tongtong Serek, di Lapangan Arrahman Desa Pragaan Laok, Rabu (24/07/2024) malam. 

Masyarakat harus berperan aktif dalam melestarikan seni budaya ini, sehingga semua elemen di kecamatan setempat, agar memiliki kepedulian menjaganya dalam menghadapi perkembangan zaman. 

“Seluruh masyarakat memberikan kontribusi positif mencintai kesenian tongtong serek ini, alasannya pemerintah dan masyarakat mempunyai tanggung jawab bersama untuk  melestarikan dan mengembangkannya di Kabupaten Sumenep,” terang Bupati.

Pemerintah daerah mendukung parade tongtong serek sebagai langkah nyata melestarikan kesenian tradisional, sehingga  keberadaan seni budaya itu tumbuh dan berkembang kepada generasi muda.

“Seni budaya tradisional perlu tampil di setiap kegiatan masyarakat untuk mengenalkan kepada generasi muda sebagai upaya membentengi dirinya dari pengaruh budaya luar yang kurang baik," pungkasnya.

Pemerintah Kecamatan Pragaan selain mengadakan Parade Tongtong Serek yang diikuti 33 kelompok musik juga melangsungkan Pragaan Fair 2024, dengan menampilkan berbagai produk unggulan desa se-Kecamatan setempat. 

“Pragaan fair merupakan media bagi pelaku UMKM dan PKL untuk mempromosikan dan memasarkan produknya,” pungkasnya. 

Sementara, Pragaan Fair digelar mulai 24 Juli hingga 10 Agustus 2024, dengan menyuguhkan berbagai kegiatan, di antaranya pameran UMKM produk unggulan desa dan PKL, festival musik daul,  panggung kreasi pelajar, panggung kreasi anak merdeka dan panggung hiburan rakyat.  ( Yasik, Fer )