Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 06-12-2016
  • 329 Kali

Bupati Himbau Semua Instansi Tingkatkan SDM Sesuai Bidangnya

News Room, Rabu ( 07/12 ) Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, menghimbau sejumlah instansi di lingkungan pemerintah Kabupaten Sumenep untuk terus bersinergi dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai bidangnya masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sumenep saat memberikan alat transportasi pertanian di Halaman Kantor Bupati Sumenep, Rabu (07/12).

Menurutnya, tanpa adanya peningkatan SDM di bidangnya maka akan sulit untuk berkembang.

“Misalnya pelatihan bagi para petani agar mampu meningkatkan pengetahuannya di bidang peningkatan produksi pertanian.” tegas Bupati.

Bahkan, Bupati juga berharap berkaitan dengan peningkatan SDM para petani, tidak hanya sekedar kegiatan menunggu pelatihan dari institusi pemerintah, namun kelompok tani juga bisa melaksanakan peningkatan SDM dalam bentuk mandiri.

Apalagi, di era informasi dan teknologi saat ini, petani juga harus memiliki pengetahuan luas. Bahkan, bisa terus belajar dari beberapa daerah lain yang memiliki kelebihan yang berhubungan dengan peningkatan produksi pertanian, pemasaran dan sebagainya.

Apalagi tegas Bupati, sekitar 61 persen lebih lahan di Kabupaten Sumenep merupakan lahan pertanian. Dan dari lahan yang ada di beberapa wilayah memiliki potensi alam yang berbeda. Ada lahan yang bagus, ada juga lahan yang tergantung tadah hujan dan semacamnya.

Dan ini memerlukan solusi bersama tentunya membutuhkan SDM yang bagus, sehingga mampu mengelola lahan pertanian yang baik dengan sentuhan teknologi. Kedepan anak petani bisa tetap jadi petani, namun tentunya menjadi petani yang memiliki SDM yang lebih bagus.

“Karena tidak mungkin semua harus jadi PNS atau ASN, karena kursinya hanya sedikit, namun bagaimana bisa menjadi petani yang handal dengan pengetahuan dan teknologi yang dimiliki.” tambahnya. ( Ren, Fer )