Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 21-03-2022
  • 1305 Kali

Bupati Minta Perangkat Desa Harus Melek Teknologi

Media Center, Senin ( 21/03 ) Perangkat Desa di Kabupaten Sumenep, harus meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melek teknologi dan informasi, sebagai upaya menyukseskan program Sistem Informasi Desa Data Integrasi Desa Berdaya (Digdaya).

Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi, SH, MH, mengatakan, perangkat desa meningkatkan kapasitas dan kemampuan SDM wajib dilakukan, karena sangat penting sejalan dengan perkembangan zaman berbasis teknologi dan informasi. 

“Salah satu kebutuhan peningkatan SDM adalah kemampuan mengakses dan mengelola teknologi demi mendorong kemajuan desa lebih baik lagi,” jelas Bupati Senin (21/03/2022).

Perangkat desa dengan melek teknologi informasi bisa memaksimalkan laman Digdaya yang mencakup segala aspek untuk kepentingan pemerintahan desa, semisal penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan masyarakat hingga potensi desa.

“Pemerintah Kabupaten Sumenep terus berinovasi meningkatkan kualitas pengelolaan data desa melalui aplikasi Digdaya dalam upaya mempercepat pengelolaan data desa, sehingga pelaksanaannya bisa dilakukan dengan cepat dan akurat,” tutur Bupati.

Bupati mengatakan, semua aparatur pemerintahan desa seiring kebutuhan yang semakin meningkat harus meningkatkan SDM bidang teknologi, supaya mampu menopang kemandirian dan daya saing desa.    

"Yang terpenting ada kemauan untuk belajar agar para perangkat desanya bisa meningkatkan kapasitas dirinya dengan pelatihan tentang informasi dan teknologi,” tandasnya.

Bupati mengungkapkan, manakala Pemerintah Kabupaten hingga Desa melayani masyarakat dengan baik melalui teknologi informasi, termasuk merespon keluhan, kritik, dan masukan tentu saja beragam persoalan bisa terpecahkan bersama-sama.

“Meskipun idealnya seluruh perangkat desa harus bisa teknologi, namun setidaknya di setiap pemerintahan desa itu, ada salah seorang yang benar-benar ahli dan menguasai teknologi,” pungkasnya.  ( Yasik, Fer )