Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 09-02-2024
  • 262 Kali

Bupati Minta PWI Jaga Independensi Pers di Resepsi HPN 2024

Media Center, Jumat ( 09/02 ) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar resepsi Hari Pers Nasional (HPN), di gedung Universitas Bahaudin Mudhary (Uniba) Madura, Jumat (09/02/2024).

Kegiatan yang menyuguhkan Tari Muang Sangkal dan pemotongan tumpeng ini, dihadiri Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo, Kapolres AKBP Henri Noveri Santoso, S.H., S.I.K., M.M., Dandim 0827 Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E., M.Si., Forkopimda, Baznas, dan perwakilan asosiasi wartawan di Sumenep.

Bupati Sumenep mengatakan, pada HPN tahun ini sudah selayaknya PWI ke depan makin solid, dan mampu mengawal peran media dalam transisi kepemimpinan.

"Sampai saat ini, kami menilai peran media meletakkan pada pondasi dasar, yakni independensi pers masih pada tempatnya. Penyajian berita sesuai dengan fakta," kata Bupati Sumenep, H. Achmad Fauzi Wongsojudo, saat memberikan orasi di Resepsi HPN yang diselenggarakan PWI Sumenep, Jumat (09/02/2024).

Bupati juga menuturkan, independensi pers sangat penting dipegang dan dijalankan, apalagi di pesta demokrasi saat ini dengan situasi politik yang beragam wujudnya.

"Kami meyakini 99,9 persen independensi pers masih ditegakkan. Ini yang perlu dirawat, karena secara tidak langsung kita sangat terbantu dengan penyajian informasi dari insan pers baik berupa peristiwa, penindakan hukum maupun opini yang sifatnya membangun bangsa," ujarnya.

Bupati berharap, ke depan wartawan yang tergabung dalam PWI ini makin solid.

Sementara Ketua PWI Sumenep, Samsul Arifin mengungkapkan bahwa insan pers sudah selayaknya bersikap independen terutama di suasana Pemilu 2024.

"Kita terus berupaya merangkul semua pihak dan bersinergi dengan siapapun. Karena tujuan utama insan pers adalah menyajikan berita berdasarkan fakta," ungkapnya. 

Dalam rangkaian resepsi HPN 2024, PWI Sumenep juga melakukan bakti sosial berupa memberikan santunan anak yatim. ( Nita, Fer )