Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 15-04-2022
  • 1843 Kali

Bupati Sumenep Apresiasi PLTD Gili Raja Mulai Beroperasi

Media Center, Jumat ( 15/04 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep mengapresiasi semua pihak, yang telah mendukung pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Pulau Gili Raja Kecamatan Giligenting.

Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi, SH, MH, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung segala proses pembangunan hingga beroperasinya PLTD Gili Raja ini, karena pembangunannya melalui proses panjang yang semula tidak masuk dalam road map PLN, sehingga pemerintah daerah hadir meskipun dengan keterbatasan anggaran. 

"PLTD Gili Raja adalah proyek multi years atau tahun berjamah akibat keterbatasan dana APBD Kabupaten Sumenep,” jelas Bupati di sela-sela Silaturahim dengan Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat Gili Raja, bertempat di Rumah Kepala Desa (Kades) Banbaru Kecamatan Giligenting, Kamis (14/04/2022) malam.

Untuk itulah, masyarakat setelah selesai pembangunan dan pengoperasian PLTD Gili Raja untuk bersama-sama ikut memiliki, menjaga dan merawat supaya keberadaannya benar-benar dirasakan oleh seluruh warga pulau itu.  

"Masyarakat juga harus sama-sama merasa memiliki, mengingat pemerintah membangun PLTD Gili Raja yang bekerja sama dengan PT. PLN untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap kelistrikan,” tutur Bupati.

Terpisah, salah satu perwakilan masyarakat Gili Raja, Ramli, mengaku senang karena di daerahnya telah teraliri listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dengan harapan ini mampu mendukung kemajuan di bidang ekonomi, sosial dan budaya.

“Terima Kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep yang telah menjadi perantara terwujudnya keinginan masyarakat menikmati listrik,” terang Ramli yang saat ini menjadi Kepala Desa Banmaleng Kecamatan Giligenting.

Senada juga disampaikan Kepala Desa Jate, Lismawati yang mengaku bangga atas diresmikannya PLTD hasil perjuangan panjang masyarakat setempat baik para pemuda, tokoh dan seluruh lapisan yang telah berjuang bersama mewujudkan Pulau Gili Raja terang.

“Semoga, PLTD yang mulai beroperasi bisa mendorong kesejahteraan masyarakat Pulau Gili Raja. Terima kasih Bupati atas segala upaya yang dilakukan selama ini meningkatkan akselerasi pembangunan kelistrikan,” tandasnya.

Sementara, Kepala Desa Banbaru, Zainal Sigit mengungkapkan, masyarakat Pulau Gili Raja tentu merasa senang, karena sudah lama menunggu aliran kelistrikan dengan berbagai perjuangan panjang dari demo hingga komunikasi dengan pihak terkait. 

“Kami berharap, layanan atau fasilitas listrik harus terus ditingkatkan, sehingga keberadaannya semakin luas menjangkau rumah-rumah warga,” paparnya.  

Terkait untuk menjaga dan merawat PLTD itu, Penjabat (Pj) Kepala Desa Lombang, Ali Bangsul menambahkan, pihaknya bersama masyarakat untuk menjaga PLTD Gili Raja, supaya keberadaannya tidak mudah rusak dan mendukung PLN untuk meningkatkan jaringan hingga ke rumah warga.

“Sekali lagi, terima kasih Bupati, insya Allah, kami jaga bersama-sama  PLTD yang berada di Desa Lombang ini,” pungkas Ali Bangsul. ( Yasik, Fer )