Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 05-06-2024
  • 304 Kali

Bupati Sumenep: CJH Jaga Kesehatan Selama Menunaikan Ibadah Haji

Media Center, Rabu ( 05/06 ) Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengingatkan ratusan Calon Jamaah Haji (CJH) supaya senantiasa menjaga kesehatan dengan mempersiapkan fisik yang baik.

“Para calon jamaah haji harus menjaga kesehatan, karena faktor kesehatan sangat rentan mengalami gangguan, akibat perbedaan cuaca antara Indonesia dan Tanah Suci Mekah,” kata Bupati, di sela-sela Manasik Akbar dan Pelepasan Simbolis Calon Jamaah Haji 2024, di Gedung KORPRI, Rabu (05/06/2022).

Saat ini, informasinya kondisi cuaca di Tanah Suci Mekah suhunya Saudi mencapai kurang lebih 46-50 derajat celcius, sehingga perubahan cuaca ini bisa mempengaruhi kondisi fisik jamaah haji.

Para CJH bisa mengatur waktu untuk kegiatannya, agar energi serta stamina tidak terkuras, demi menjaga kondisi kesehatan dan mental guna menjalankan rangkaian ibadah haji.

“Kami harapkan para CJH ini benar-benar menjaga kesehatan agar rukun haji bisa dilaksanakan dalam kondisi sehat, seperti makan teratur supaya khusyuk melakukan ibadah haji, misalnya wukuf di Padang Arafah, mabit di Muzdalifah serta melempar Jumrah,” tuturnya.

Bupati mengharapkan, petugas kesehatan hendaknya melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sungguh-sungguh, untuk mengutamakan pelayanan pada Calon Jamaah Haji yang membutuhkan pelayanan.

“CJH jika ada yang merasa kesehatannya kurang sehat untuk segera menghubungi petugas kesehatan, supaya segera mendapat penanganan medis,” jelasnya.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Abdul Wasid mengungkapkan, calon jamaah haji Kabupaten Sumenep 2024 sebanyak 898 orang, rinciannya CJH yang tergabung dalam Kelompok Terbang 96 sebanyak 366 orang, Kelompok Terbang (Kloter) 97 sebanyak 366 orang dan kelompok terbang 98 sebanyak 166 orang.

“Jadwal pemberangkatan dari Kabupaten Sumenep menuju Surabaya, Jumat 07 Juni 2024 dini hari pukul 01.00 WIB, bertempat di areal depan Mall Pelayanan Publik (MPP),” pungkasnya. ( Yasik, Fer )