Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-06-2024
  • 547 Kali

Bupati Sumenep Dukung Lestarikan Ojung

Media Center, Sabtu ( 08/06 ) Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo  mengapresiasi dan mendukung pelestarian tradisi Ojung. Alasannya, kegiatannya merupakan langkah nyata untuk menjaga dan melestarikan tradisi leluhur, sehingga seni budaya itu keberadaannya tidak punah hingga generasi saat ini. 

“Pemerintah Daerah untuk menjaga tradisi Ojung memasukkan kegiatannya dalam kalender tahun ini,” kata Bupati di sela-sela Festival Ojung 2024, di Pantai Badur Desa Badur Kecamatan Batuputih, Sabtu (08/05/2024).

Pemerintah mengharapkan kegiatan kalender tahunan pemerintah daerah menjadi peluang terhadap pengembangan seni budaya Ojung, karena selain melestarikan seni budaya, juga sebagai daya tarik bagi wisatawan asing maupun lokal berkunjung ke Kabupaten Sumenep.

“Kami ingin untuk festival Ojung dalam kemasan pertunjukannya bisa menambah potensi wisata budaya di Kabupaten Sumenep,” terangnya.

Bupati menyatakan, pihak terkait bersama masyarakat melakukan promosi ojung, agar berdampak kepada kesadaran bersama untuk melestarikan budaya leluhur yang tidak bernilai harganya. 

“Setiap seni budaya bukan sekedar warisan leluhur saja, tetapi jika kegiatan dilakukan dengan pertunjukan yang berkualitas, bisa mendongkrak perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Festival Ojung dalam pelaksanaannya adalah tradisi saling pukul badan dengan menggunakan senjata rotan yang dimainkan oleh dua orang, saling bergantian memukul tubuh lawannya, dan yang paling banyak mengenai badan lawan adalah pemenangnya.

Masyarakat rutin mengadakan Ojung untuk ritual agar di desa itu terhindar dari segala musibah bencana alam, termasuk ritual meminta datangnya hujan di musim kemarau.

Sementara, peserta Festival Ojung diikuti delapan orang pemain yang telah diseleksi oleh paguyuhan Ojung Sapu Angin.

Di lokasi acara sebanyak 14 desa se-Kecamatan Batuputih ikut memeriahkan kegiatan dengan melibatkan UMKM setiap desa. ( Yasik, Fer )