Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 21-09-2023
  • 338 Kali

Camat Gapura Resmikan Sekretariat Gapoktan Desa Gapura Barat

Media Center, ( 21/09 ) Camat Gapura, Imam Suhadi meresmikan sekretariat dan saresehan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Gapura Barat Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep.

Peresmian sekretariat tersebut dihadiri oleh anggota DPRD komisi II Sumenep, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sumenep, Komandan Rayon Militer (Danramil), Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek), Penyuluh Pertanian, dan Ketua Gapoktan Kecamatan Gapura beserta Petani milenial.

Tempat yang diresmikan sebagai sekretariat Gapoktan Desa Gapura barat sangat strategis yakni berlokasi di pinggir jalan raya Gapura sebelah barat Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gapura Barat 1.

Camat Gapura dalam sambutannya memaknai nama dari Gapoktan Desa Gapura Barat adalah “Gerbang Hayati”.

"Kalau saya maknai Gerbang Hayati, gerbang artinya pintu masuk dan hayati bermakna kehidupan, semoga nama dari Gapoktan desa ini cocok dan sesuai dengan tujuannya," ungkapnya, Kamis (21/09/2023).

Imam berharap, dengan adanya sekretariat yang baru diresmikan ini menjadi salah satu tempat rembuk Gapoktan Desa Gapura Barat, baik dari konsolidasi internal, pemecahan permasalahan dan berbagai kesulitan yang ada di Gapoktan Gerbang Hayati, sehingga semua tujuan tercapai. 

Menurutnya, sektor pertanian menjadi acuan peningkatan ekonomi masyarakat Indonesia.

“Salah satu muatan nasional yaitu dari sektor pertanian, untuk melihat meningkatnya ekonomi masyarakat khususnya di Kecamatan Gapura," terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Gapoktan Desa Gapura Barat melalui Sekretaris Gapoktan Desa Gapura Barat menjelaskan, bahwa dari nama Gerbang Hayati mengandung makna "Gerbang" yang berarti dapat membuka pertanian berbasis teknologi dan dapat membagikan ilmu pengetahuan serta pengalaman yang diperoleh.

Sedangkan "Hayati" bermakna kehidupan dengan harapan keberadaan dari Gapoktan dapat meningkatkan taraf hidup petani dan keluarganya serta masyarakat sekitar.

“Gapoktan ini sebelumnya bernama Sumber Bahari diganti menjadi Gerbang Hayati, berdasar hasil musyawarah kelompok dan penyuluh pertanian Gapura,” jelas Sekretaris Desa Gapura Barat saat memberi sambutan. ( KIM-KBGPR/Ismi,Fer )