Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 01-09-2023
  • 721 Kali

Cetak Generasi Sehat dan Cerdas, Nia Kurnia Fauzi Ajak Masyarakat Jadikan Olahan Ikan Makanan Favorit

Media Center, Jumat ( 01/09 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Perikanan bersama Tim Penggerak (TP) PKK setempat, terus berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat mengonsumsi ikan sebagai kebutuhan meningkatkan kualitas kesehatan keluarga. 

Salah satunya mengadakan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) kepada masyarakat dan anak-anak, di TK An-Nisya’ Desa Batuan, Kecamatan Batuan, Jumat (01/09/2023).

“Kami mengharapkan sosialisasi ini, memberikan tambahan pengetahuan dan stimulasi bagaimana masyarakat, utamanya anak-anak bisa menjadikan olahan ikan sebagai gaya hidup dan makanan favoritnya untuk kebutuhan gizi dan pertumbuhannya,” kata Nia Kurnia Fauzi kepada Media Center. 

Pihaknya mengajak ibu rumah tangga, untuk menyediakan dan menyajikan makanan di rumah menu utamanya berbahan dasar ikan, karena mempunyai sumber protein hewani yang sangat baik dan kaya nutrisi.  

“Saat ini, masih banyak masyarakat yang kurang mengonsumsi ikan secara teratur, padahal manfaatnya, di antaranya sumber protein berkualitas tinggi, membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, mengandung asam lemak omega-3, mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan otak, serta membantu menjaga berat badan yang sehat, mengurangi risiko obesitas dan mencegah tengkes (stunting) pada anak,” tutur Nia Kurnia Fauzi.

Karena itulah, masyarakat mewujudkan Gemarikan untuk gaya hidup dan makanan favorit, guna meningkatkan kualitas kesehatan keluarga, dalam rangka mencerdaskan generasi emas yang terjamin gizi dan pertumbuhannya. 

“Gemarikan dengan berbagai bentuk masakan ikan, seperti bakso ikan, nugget ikan, sosis ikan dan camilan ikan, sehingga menjadi makanan favorit keluarga,” tandasnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep Agustiono Sulasno mengungkapkan, sosialisasi dilaksanakan agar masyarakat utamanya anak-anak sejak usia dini gemar makan dan mengonsumsi ikan.

“Yang jelas, kegiatan ini tujuan yang ingin dicapai adalah terciptanya generasi yang sehat, cerdas dan berprestasi,” pungkasnya. ( Yasik, Fer )