Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-06-2016
  • 294 Kali

Curah Hujan Tinggi, Perairan Sumenep Aman Dilayari

News Room, Rabu ( 29/06 ) Meskipun diguyur hujan selama 2 hari berturut-turut, kawasan perairan Sumenep, Madura, Jawa Timur, masih aman untuk dilayari armada laut.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kalianget, Moh. Ikhsan, menjelaskan, untuk hari ini (29/06), tinggi gelombang ke sejumlah kepulauan di Sumenep, seperti Kangean dan Masalembu, masih dibawah 2 meter.

"Jadi, masih aman bagi pelayaran. Curah hujan tinggi tidak mempengaruhi terhadap jadwal pelayaran kapal, termasuk pemberangkatan kapal mudik gratis yang diprakarsai Pemerintah Propinsi Jawa Timur,"kata Ikhsan, Rabu (29/06).

Ia menuturkan, meski cuaca masih dalam kategori aman bagi pelayaran, namun pihaknya tetap meminta kepada nakhoda kapal, agar terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), guna mengetahui perkembangan tinggi gelombang dan kecepatan angin.

"Kita sendiri setiap saat memantau perkembangan cuaca, dengan koordinasi bersama BMKG Maritim Tanjung Perak, Surabaya. Keselamatan penumpang diatas segalanya,"terangnya.

Ikhsan mengungkapkan, jika ada perubahan cuaca, maka secara otomatis pihaknya tidak akan mengeluarkan Surat Ijin Berlayar (SIB). "SIB dikeluarkan ketika kapal siap berangkat. Nah, kalau cuaca tidak baik, ya kita tidak akan keluarkan SIB,"pungkasnya. ( Nita, Esha )