Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 29-03-2015
  • 1464 Kali

Dana Desa Dipastikan Cair Pada Bulan April Besok

News Room, Senin ( 30/03 ) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia memastikan dana Desa diacairkan mulai April besok. Dari total anggaran sebesar Rp. 20 trilyun, Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur akan memperoleh alokasi masing-masing sebesar Rp. 2,22 triliun dan Rp. 2,21 triliun. Sementara Propinsi Kepulauan Riau memperoleh alokasi paling kecil, yakni sebesar Rp. 79 milyar.

Berdasar situs Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, dana Desa untuk Jawa Tengah harus dibagi untuk 29 Kabupaten/Kota.

Sementara itu, alokasi dana Desa di Jawa Timur dibagi untuk 30 Kabupaten/Kota. Setiap Desa diperkirakan memperoleh anggaran sebesar Rp. 366 juta hingga Rp. 1,15 milyar.

Dana Desa dari APBN tersebut masih ditambah dana Desa yang bersumber dari APBD Kabupaten/Kota, bantuan keuangan dari pemerintah Propinsi, hibah, serta sumber pendapatan lain yang sah.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar menyatakan, alokasi dan Desa di setiap Propinsi memang tidak sama. Sebab, alokasi dana Desa didasarkan pada formula yang menghitung jumlah penduduk, tingkat kemiskinan, serta luas wilayah.

“Propinsi dengan jumlah penduduk Desa lebih banyak, secara otomatis memperoleh porsi dana Desa lebih besar,”katanya kemarin.

Tahun ini, tambah Marwan, pemerintah dan DPR sudah menaikkan alokasi dana Desa dari sebesar Rp. 9 triliun di APBN 2014, menjadi sebesar Rp. 20 triliun. Dana tersebut dibagikan pada 74.053 Desa di seluruh Indonesia. Dana Desa tersebut dapat digunakan ubtuk membiayai kegiatan fisik maupun pemberdayaan masyarakat sesuai rencana pembangunan yang telah disetujui pemerintah daerah.

“Dana Desa akan dinaikkan secara bertahap hingga menjadi Rp. 1 milyar hingga Rp. 1,5 milyar per-Desa. ( JP, Esha )