Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 10-11-2022
  • 455 Kali

Dandim 0827/Sumenep Ajak Anggotanya Teladani Nilai-Nilai Kepahlawanan

Media Center, Kamis (10/11) Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E. menghadiri upacara Peringatan Hari Pahlawan ke 77 Tahun 2022 di TMP Jokotole Sumenep, Kamis (10/11/2022). Upacara peringatan kali ini mengusung tema "Pahlawanku Teladanku".

Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah, SH.MH. M.Pd.I saat membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini mengungkapkan, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat memberikan energi tambahan untuk membangkitkan kesadaran akan elemen bangsa, untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. 

"Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita dengan semangat 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat' serta janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah slogan Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya. 

Peringatan Hari Pahlawan 2022 lanjutnya diharapkan memperkuat dan menyatukan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Membuat kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.

"Jadikanlah semangat dan nilai-nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama. Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para Pahlawan," imbuh Wabup dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu juga, usai pelaksanaan upacara, Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E. mengatakan agar Peringatan Hari Pahlawan dijadikan momentum untuk meresapi, dan merenungi kembali nilai-nilai kepahlawanan yang ditunjukkan oleh para pahlawan.

"Kita sebagai bangsa mesti bangga, kita salah satu negara yang kemerdekaan bukan diberikan, tapi diperjuangkan" ucapnya.

Mengaca pada peristiwa 10 November, lanjut Dandim, generasi saat ini harus ingat sejarah saat "arek arek Suroboyo" yang begitu heroik dan berani melawan tentara Sekutu, yang kala itu dipersenjatai lengkap dilawan dengan bambu runcing.

"Artinya dari peristiwa itu kita punya cita-cita bagaimana memajukan masyarakat, bagaimana membangun negara ini, dan nilai-nilai itu buat kita implementasikan di masyarakat," tutupnya.

Di akhir kegiatan, upacara dilanjutkan acara tabur bunga yang dilakukan oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Sumenep di TMP Jokotole Sumenep.

(Han)