Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 01-06-2024
  • 317 Kali

Dandim 0827/Sumenep Resmi Buka Kegiatan Pembinaan Saka Wira Kartika

Media Center, Sabtu (01/06) Kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika TA 2024 resmi dibuka oleh Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Yoyok Wahyudi, S.I.P.,M.Han, Sabtu (01/06/2024) Kegiatan berlangsung di lapangan apel Makodim setempat.

Pembinaan mengusung tema "Bersatu dengan Alam Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter, Berwawasan Kebangsaan, dan Peduli Lingkungan".

Dalam sambutannya, Yoyok Wahyudi mengajak kepada seluruh siswa-siswi untuk bersama-sama mengobarkan api semangat Pramuka seperti yang dimiliki bapak pramuka sekaligus bapak pandu dunia, Lord Baden Powell.

Menurutnya, ada dua ajaran yang bisa ditiru, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

"Caranya cukup sederhana, semisal membantu menanam pohon, merawatnya dengan rajin menyirami, membuang sampah pada tempatnya, sayangi teman dan saling menolong sebagai jalinan persahabatan," jelasnya.

"Menjadi anggota Saka Wira Kartika bukan menjadikan kalian sombong melainkan menjadi contoh anggota pramuka yang baik, hormati yang lebih tua sayangi kita yang lebih muda itulah sebagai bentuk sikap kalian menjadi pribadi Pramuka sejati," tambahnya.

Dandim mengatakan melalui kegiatan Pramuka, dapat menumbuhkembangkan jiwa kewiraan dan kemandirian, berani membela kebenaran, dan menjadi pribadi yang mandiri.

Mandiri yang dimaksud adalah tidak lepas dari keegoisan, gemar bermusyawarah, dan bekerjasama dengan rekannya.

"Yang lebih penting lagi yaitu disiplin, dengan terbiasa hidup disiplin maka orang akan orang akan lebih menghargai kita," tegasnya.

Pihaknya juga mengatakan kepada siswa-siswi untuk bangga menjadi Pramuka yang selalu menjaga kode etik sesuai prinsip gerakan Pramuka, sekaligus melakukan tugas dengan semangat Pramuka.

"Karena menjadi Pramuka penegak bukan lagi sekedar permainan, tapi menjadi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan kerelaan dan pengabdian," pungkas Yoyok Wahyudi

Adapun siswa-siswi yang mengikuti giat pembinaan tersebut berasal dari tingkat SMA/MA dan SMK se Kabupaten Sumenep binaan Kodim 0827/Sumenep. Jumlahnya 75 orang.

Sementara materi Krida yang diberikan meliputi Krida Navrad, Krida Survival, Krida Mountaineering, Krida Pionir, dan Krida Penanggulangan Bencana.

(Dim, Han)