Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 12-01-2017
  • 723 Kali

Dari 330 Desa Di Sumenep Baru 160 Desa Bentuk BUMDes

News Room, Jumat ( 13/01 ) Hingga saat ini dari 330 desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, baru 160 desa yang telah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"BUMDes di 160 desa itu masih terbentuk secara administrasi dan programnya belum berjalan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, H. Ahmad Masyuni, S.E., M.M., Jumat (13/01/2017).

Menurutnya, setelah semuanya terbentuk, pemerintah daerah akan membawa ke daerah lain yang sukses mengelola BUMDes tersebut agar pengurus BUMDes di Kabupaten Sumenep bisa belajar secara teknis pengembangan BUMDes.

"Tidak hanya belajar secara teori, tapi lebih-lebih mengetahui secara praktiknya agar BUMDes benar-benar berjalan sesuai harapan,” terangnya.

Pembentukan BUMDes ini merupakan salah satu program unggulan pemerintahan Busyro-Fauzi. Untuk mewujudkan BUMDes itu, pemerintahan desa bisa memanfaatkan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) untuk menjadi dana operasionalnya.

“Apalagi tahun ini DD mengalami kenaikan sebesar Rp. 100 juta per Desa. Dana tersebut jangan hanya digunakan untuk pembangunan peningkatan jalan, tetapi juga gunakan sebagai peningkatan ekonomi masyarakat,” tegasnya. ( Nita, Fer )