Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 26-06-2018
  • 716 Kali

Demi Kelancaran Pilgub, Panwascam Jalin Komunikasi Aktif

Media Center, Selasa ( 26/06 ) Demi kelancaran pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur, khususnya di wilayah Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Batuputih terus melakukan komunikasi aktif dengan pihak terkait, utamanya Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK) setempat.

Komisioner Panwaslu Kecamatan Batuputih, Divisi Pengawasan, Satnawi kepada wartawan, Selasa (26/06) mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi terhadap PPK Batuputih dan jajarannya hingga ke tingkat Desa, yang selama ini sudah bekerjasama dengan baik, sehingga proses tahapan Pilgub Jatim hingga saat ini belum ditemukan hal-hal yang fatal.

“Semoga di hari tenang ini hingga pelaksanaannya besok terus berjalan seperti sebelum-sebelumnya. Dan komunikasi aktif perlu terus ditingkatkan, sehingga kualitas pelaksanaan Pilgub Jatim di wilayah Batuputih berjalan dengan lancar.

Diakui Satnawi, jika sebanyak 89 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pilgub Jatim di wilayah Kecamatan Batuputih juga sudah mendapat pembekalan materi pengawasan. Yakni, 3 Komisioner Panwaslu Kecamatan Batuputih memberikan pembekalan dengan pola bertahap dan melibatkan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) yang tersebar di 14 Desa di wilayah tersebut. PTPS sebagai ujung tombak pengawasan Pilgub Jatim, maka wajib PTPS menguasai materi pengawasan.

Karena itu, selain materi tentang strategi pengawasan Pilgub Jatim, PTPS juga dibekali dengan kemampuan deteksi dini dugaan pelanggaran yang akan menodai pesta demokrasi masyarakat Jatim itu.

“PTPS diwajibkan mempunyai kemampuan merekam dengan memanfaatkan teknologi terhadap semua proses tahapan Pilgub Jatim, baik pada hari tenang maupun pada saat hari pelaksanaan,” tandasnya.

Satnawi juga menambahkan, jika pencegahan adalah hal utama, agar Pilgub Jatim benar-benar berjalan sesuai aturan. Bahkan, apabila semuanya netral, cermat, cepat dan tepat sasaran dengan berdasarkan Undang-Undang, PKPU dan Perbawaslu, maka kami yakin, Pilgub Jatim, khususnya di Kecamatan Batuputih akan berjalan aman dan damai. ( Ren, Esha )