Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 07-08-2024
  • 366 Kali

Desa Pakamban Laok Resmi Mulai Lomba HUT Ke-79 RI

Media Center, Rabu ( 07/08 ) Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Pakamban Laok, Ahmad Subairi Karim memukul gong sebagai tanda dibukanya kegiatan lomba, Rabu (07/08/2024) malam.

"Dengan membaca Bismillahirrahmanirrahiim kami buka kegiatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Desa Pakamban Laok," ucapnya di atas panggung ditemani tokoh pesantren, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD, Ketua Karang Taruna, dan Kordes Posko 3 KKN IAIN Madura.

Dalam sambutannya ia mengatakan, bahwa tujuan utama pembukaan HUT RI untuk mendoakan jasa para pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan darah, air mata dan bahkan nyawa.

"Mereka mengorbankan raga dan nyawa, kita hanya diminta untuk mengisi kemerdekaan dengan mengirimkan doa untuk para pahlawan, memasang bendera, umbul-umbul dan lampu penjor. Ayo meriahkan di berbagai sudut dusun dan lingkungan RT," pintanya agar setiap dusun meriah dengan pernak pernik kemerdekaan.

Subairi menambahkan, bahwa nikmat kemerdekaan ini harus kita syukuri, sebab dengan merdeka kita bisa melakukan apa saja.

"Lihat negara timur tengah yang dilanda konflik, tidur pun tak nyenyak, bom dimana-mana, setiap hari berita orang meninggal dunia. Perang negara Suriah sejak 2011 sampai saat ini sudah 500 ribu orang meninggal, negaranya tidak aman. Maka syukurilah Indonesia yang merdeka, aman dan damai," imbuhnya.

Pihaknya juga minta kekompakan semua stakeholder desa, lembaga pendidikan, pesantren dan tokoh lingkungan mengimbau warga untuk rajin melakukan kebersihan lingkungan.

"Ada lomba kebersihan lingkungan dan pemasangan gapura HUT RI, mari meriahkan dan semua ikut terlibat. Belum lagi setiap Jumat pagi ada kebersihan pagi. Mari bergerak bersama," pungkasnya.

Dengan kegiatan HUT RI ini dia berharap dapat menjadi pintu masuk bagi upaya membangun kekompakan, partisipasi aktif masyarakat dalam membangun desa secara berkelanjutan. ( KIM-Pragaan/Ismi,Fer )