Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 31-05-2024
  • 133 Kali

Disdik Beri Hadiah Tropy dan Uang Pembinaan kepada Juara Festival Tan Pangantanan

Media Center Jum'at ( 31/05 ) Sebagai apresiasi terhadap suksesnya Festival Tan Pangantanan Dhe’ Nong Dhe’ Ne’ Nang jenjang TK dan SD, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep memberikan piala dan uang pembinaan kepada para peserta yang sukses menampilkan tradisi dan budaya Kabupaten Sumenep yang digelar pekan lalu.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Agus Dwi Saputra usai memberikan hadiah di halaman Kantor Disdik setempat, mengungkapkan, festival Tan-pangantanan sebagai budaya yang bagus untuk dilestarikan. Sehingga, anak-anak sejak dini juga mulai mengetahui dan budaya daerahnya.

"Selain memiliki filosofi budaya tan pangantanan perlu dikenalkan pada anak-anak dan juga perlu dilakukan edukasi melalui event budaya Sumenep," ujar Agus, Jum'at (31/05/2024).

Dan yang penting pula tutur Agus, melalui festival tan pangantanan tersebut dapat menjadikan penguatan karakter bagi anak-anak. Bahkan yang tidak kalah penting pula melalui event tersebut berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. Sebab, ketika ada tontonan warga ngumpul dan akan ada jual-beli disana. Meskipun diakui ada pro kontra terkait kegiatan yang digelar namun itu akan menjadi vitamin untuk menguatkan beberapa agenda even berikutnya.

"Ada banyak event yang tentunya banyak melibatkan anak-anak peserta didik, sehingga perlu kolaborasi dan kerja 0sama terhadap elemen terkait bagaimana kegiatan tersebut terlaksana dengan baik dan sukses.

Sementara pemberian hadiah berupa penghargaan dan uang pembinaan diberikan berjenjang kepada masing-masing juara mulai juara 1,2,3 hingga harapan 1,2 dan 3 ditambah juara favorit masing-masing tingkat TK dan SD. 

Sedangkan peserta Festival Tan Pangantanan berasal dari 20 kecamatan daratan dan kepulauan. lembaga TK diikuti sebanyak 25 kontingen dan SD sebanyak 18 kontingen, dengan total keseluruhan yakni 43 kontingen. ( Ren, Fer )