Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-04-2022
  • 649 Kali

Diskominfo Sosialisasikan Kedaruratan Call Center 112 di Kecamatan Pragaan

Media Center, Senin ( 18/04 ) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sumenep melalui Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Teknologi Chairul Anwar menyosialisasikan layanan kedaruratan Call Center 112 Kabupaten Sumenep. 

"Pemerintah Kabupaten Sumenep di bawah kepemimpinan Bupati Ra Achmad Fauzi, SH, MH, dan Wakil Bupati Hj. Dewi Khalifah, SH, MH, M.Pd.I, pada Agustus 2021 yang lalu telah menyediakan Call Center 112 guna melayani masyarakat untuk menyampaikan pengaduan manakala ada kejadian atau peristiwa di lingkungannya," katanya dalam uraiannya, Senin (18/04/2022).

Gebrakan tersebut disebut Chairul, sebagai wujud model kepemimpinan Bupati Sumenep yang transparan, inovatif, dan responsif dalam melayani masyarakat.

Layanan tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk waktu cepat bisa menghubungi Call Center 112 apabila ada kebakaran, pohon atau tiang telpon listrik yang roboh, kecelakaan lalu lintas, kriminalitas, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), keamanan dan ketertiban masyarakat dan lain-lain. 

"Jika ada kedaruratan semisal bencana alam, gangguan binatang buas yang meresahkan masyarakat sekitar, bencana banjir atau angin puting beliung segera Call ke 112 untuk mendapat respon cepat," jelasnya.

Ia meminta agar yang disampaikan ke Call Center 112 benar-benar hal yang darurat dan tidak nge-prank. Kalau nge-prank ada sanksinya.

"Layanan ini gratis dalam 24 jam nonstop. Sekalipun tak punya pulsa bisa langsung tersambung," tandasnya.

Chirul meminta pihak kecamatan untuk menginformasikan kepada masyarakat dan perangkat desa agar memanfaatkan layanan ini untuk mempercepat layanan kedaruratan.

"Saya berharap informasi ini juga disampaikan kepada perangkat desa, warga dan tetangga agar cepat tersebar," imbuhnya.

Chairul juga meminta masyarakat untuk bijak menggunakan layanan tersebut agar tidak melakukan penyalahgunaan yang bisa berakibat secara hukum.

"Layanan darurat Call Center 112 ini agar diprioritaskan untuk yang darurat terutama kebakaran yang perlu penanganan khusus," pungkasnya. ( KIM-KMAP/Ismi,Fer )